dprd bolmut

Hadiri Rapat Paripurna DPRD Tentang Penyampaian Ranperda APBD Tahun 2023, Ini Yang Disampaikan Bupati Boltim

BOLTIM — Bupati Sam Sachrul Mamonto, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Boltim dalam rangka penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Bolaang Mongondow Timur tahun 2023.
 
Bertempat di Gedung DPRD Boltim, Selasa (25/10/2022) kemarin, rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD, Medy Lensun didampingi Muhammad Jabir dan sebagian anggota DPRD Boltim lainya.

Saat rapat Paripurna sedang berlangsung, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto menyampaikan, bahwa penyusunan APBD tahun 2023 berpedoman pada Permendagri nomor 84 tahun 2023 serta Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), dan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Keuangan Daerah.

“Jadi sasarannya adalah penyusunan pengantar Nota Keuangan Ranperda APBD tahun anggaran 2023 adalah untuk memberikan gambaran terkait arah kebijakan pembangunan daerah yang dituangkan melalui program dan kegiatan, serta penentuan pengalokasian anggaran untuk prioritas program yang akan dilaksanakan pada tahun 2023,” jelas Bupati Boltim.

Dikatakannya meski dalam keterbatasan anggaran, namun pemerintah daerah berupaya memprioritaskan program-program peningkatan kualitas dan kuantitas SDM.

“Pelayanan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, perlindungan terhadap lingkungan hidup serta pemberdayaan masyarakat pedesaan yang bertumpu pada kearifan lokal,” ucapnya.

Dikatakannya lagi, pengalokasian anggaran untuk urusan wajib dan pilihan pada APBD tahun anggaran 2023 disesuaikan dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku. “Mulai dari proses perencanaan, penyusunan program dan kegiatan, maupun penganggarannya,” akunya.

Terakhir Bupati menyampaikan menyampaikan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak lebih khusus DPRD yang telah turut serta mengawal dan mengawasi pelaksanaan program selama periode pemerintahan berjalan.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk terus teguhkan amanat rakyat guna akselerasi pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Boltim. Kita hadapi hari esok dengan bakti dan karya, serta kerja keras dan kerja cerdas,” pinta Sachrul.

Paripurna turut dihadiri Sekda Boltim Sonny Waroka, para Asisten serta pimpinan OPD. (REN)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.