dprd bolmut

GUSDURian Bolsel Gelar Peringatan Haul Gus Dur ke-13 Tahun 2022

Telusur.news, Bolsel – Komunitas GUSDURian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, menggelar peringatan Haul KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang ke-13 tahun 2022, yang dilaksanakan di Sekretariat PCNU Bolsel, Desa Tolondadu II, Kecamatan Bolaang Uki, pada Kamis malam (22/12/2022).

Peringatan Haul Gus Dur tersebut di isi dengan beragam agenda, mulai dari Tahlilan, Doa lintas iman, testimonial tentang Gus Dur hingga pemutaran film dokumenter “Tiga Agama Tetap Bersama”.

“Peringatan Haul Gus Dur ini, merupakan upaya kami generasi muda agar senantiasa mengenang dan meneladankan apa yang telah diperjuangankan oleh cucu pendiri NU itu semasa hidupnya,” kata Penggerak GUSDURian Bolsel, Indra Lapa.

Indra menyebut, bahwa Gus Dur selama ia hidup dan bahkan ketika menjadi Presiden Republik Indonesia ke-4 begitu kekeh memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, mulai dari yang berbeda latar belakang agama, suku dan ras.

“Gus Dur merupakan pejuang demokrasi, membela mereka yang dilemahkan dan yang dikucilkan oleh negara. dan untuk membicarakan Gus Dur, tentu tidak akan pernah tuntas untuk dibahas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Bolsel, Fadli Tuliabu, dalam kesempatan itu juga memberikan testimoni tentang Gus Dur.

“Sosok yang pernah menjadi Ketua PBNU tiga periode tersebut telah memberikan pelajaran berharga untuk bangsa Indonesia, utamanya ihwal merawat perbedaan,” kata Ketua PC GP Ansor Bolsel Fadli Tuliabu.

“Sehingga ini pula yang dilakukan oleh GP Ansor untuk terus merawat perbedaan dengan melaksanakan berbagai kegiatan, salah satu contohnya adalah menjaga gereja saat perayaan Ibadah Natal umat kristiani,” tambah Fadli yang juga Ketua Komisi I DPRD Bolsel itu.

“Dengan senantiasa merawat perbedaan itu, artinya kita tengah merawat Indonesia yang di dalamnya dihidupi maupun diperjuangkan hingga bisa meraih kemerdekaan oleh beragam latar belakang umat manusia,” tutup Fadli.

Diketahui, agenda itu juga turut dihadiri oleh Ketua PCNU Bolsel, Zulkarnain Kamaru, Sekretaris PCNU Bolsel, Kasman Lakibu, Ketua GP Ansor Bolsel, Fadli Tuliabu, Pemuda Kristen, Andreas Keloay dan beberapa Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bolsel.***

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.