dprd bolmut

DPRD Kotamobagu Gelar RDP Bersama Dengan 15 Sangadi Se Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu lewat gabungan komisi 1 dan komisi 2 telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan 15 Kepala Desa (Sangadi) se Kota Kotamobagu, Rabu 25 Januari 2023.

 

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut, Ketua Komisi I Agus Suprijanta memimpin langsung (RDP) dan turut serta dihadiri oleh para anggota Dewan yang terdiri dari Fachrian Mokodompit, Alfitri Tungkagi, Yunita Lontoh serta Anugerah Begie Gobel.

 

Ada pun tema dalam (RDP) tersebut yakini berkaitan dengan Realisasi Anggaran Dana Desa (DD) dan juga Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2022 serta rencana anggaran pada tahun 2023 ini.

 

Agus Suprijanta Ketua Komisi I. Dalam penyampaiannya mengingatkan agar sekiranya para Kepala Desa (Sangadi) untuk berhati-hati dalam pengelolaan keuangan Desa dan Khususnya pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

 

“Saya ingatkan, para kepala desa, khususnya kepala desa yang baru dilantik ini, untuk berhati-hati dalam pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa ini menjadi sorotan dari BPK maupun KPK,” tutur Agus.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh politisi perempuan partai demokrat Alfitri Tungkagi, ia menekankan agar pemanfaatan dalam Dana Desa harus dan wajib merujuk pada regulasi yang berlaku.

 

“Dalam penggunaan dana desa ini, para sangadi atau kepala desa berhati-hati, dan tentu berdasarkan regulasi yang ada. Hal ini guna mengantisipasi penyalahgunaan dana desa,” kata Alfitri.

 

Sementara itu para Kepala Desa (Sangadi) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Anggota Dewan diberikan kesempatan untuk memaparkan realisasi Dana Desa (DD) pada tahun 2022 lalu dan juga Proyek Anggaran di tahun 2023 ini.

 

Tak hanya itu saja, para Kepala Desa (Sangdi) baru genap sebulan dilantik ini pun berbagi kisah tentang hal yang terjadi di masing-masing desa yang mereka pimpin, dan termasuk dinamika yang terjadi pasca proses tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilsang) yang dilaksanakan kemarin pada tahun 2022.
(Andra)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.