Bupati Bolsel Terima Sertifikat Dari Menkes RI Untuk Kabupaten Bebas Frambusia

BOLSEL– Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru menerima sertifikat Kabupaten bebas frambusia pada peringatan hari Neglected Tropical Diseases (NTBs) Sedunia, yang diserahkan oleh Mentri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin, Selasa (21/02/2023).

Acara yang diselenggarakan di Krakatau Grand Ballroom TMII tersebut, Tutut dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Budi Hunawan Sadikin, Dirjen P2P Kemenkes RI Dr. Maxi Rondonuwu, para pejabat utama Kemenkes, para pemerhati kesehatan, para kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota penerima penghargaan serta 103 Bupati/Walikota penerima sertifikat bebas Frambusia dan 5 Bupati/Walikota penerima Eliminasi Filariasis.

Dalam kesempatan itu, Bupati Iskandar menyampaikan, bahwa berdasarkan Asesment laporan Frambusia, Kabupaten Bolsel sendiri sejak tahun tahun 2018 sampai saat ini zero Frambusia.

“Ini juga dikuatkan dengan hasil survey dri TIM Frambusia Kemenkes RI Desember 2022 yang mengambil sample siswa disekolah-sekolah SD/MI se-Kabupaten Bolsel. dimana terdapat 163 suspek dengan hasil pemeriksaan negatif (zero) dan tidak ditemukan positif Frambusia,” kata Bupati.

‘Untuk itu, saya berharap dengan diterimanya sertifikat ini, bisa menjadi pemacu semangat serta berkomitmen dengan semua pihak yang berkompeten agar terus berupaya untuk mempertahankan status Bolsel zero frambusia seperti saat ini, serta terus menggerakkan masyarakat untuk mengetahui dan mencegah secara dini frambusia,” harap Bupati.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.