Wakil Bupati Bolsel Hadiri High Level Meeting TP2DD dan TPID

BOLSEL – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, melakukan pertemuan High Level Meeting TP2DD dan TPID bersama Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulut Andry Prasmuko bersama jajarannya, Pimpinan BSG Cabang Molibagu dan unsur Forkopimda Kabupaten, Kamis (23/02/2023).

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Berkah, Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki tersebut, berlangsung setelah Wabup Deddy membuka rangkaian kegiatan Sosialisasi Transaksi Digital dan PBB.

Dalam paparannya, Wabup Deddy menjelaskan bahwa Pemkab Bolsel telah membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) melalui SK Bupati Nomor 128 Tahun 2021.

“Dari sisi belanja, Pemerintah Daerah telah menerapkan sistem non-tunai melalui cash management system (CMS) sejak tahun 2017, sehingga tidak ada lagi sistem pembayaran atas belanja secara tunai oleh bendahara. Kemudian untuk PAD, sejak tahun 2020 sudah tidak ada lagi transaksi tunai di loket pajak BPKPD, semua pembayaran dilakukan melalui kanal bayar yang tersedia di BSG,” kata Wabup

“Saya berharap setelah terjalin kerjasama layanan pembayaran melalui QRIS, maka ke depan pengembangan layanan sistem pembayaran digital ini tidak hanya untuk transaksi pajak Daerah tapi juga retribusi Daerah, seperti pada retribusi pelayanan pasar dan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Lebih lanjut, Wabup menginginkan agar Tim TP2DD Bolsel membangun ekosistem digital yang berjalan secara kontinyu yang penerapannya dimulai dari ASN. Setelah itu, intensifkan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha agar pemahaman masyarakat tentang sistem transaksi elektronik dapat meningkat. Kemudian, lakukan upaya untuk meminimalisir blank spot (Daerah yang belum tersentuh jaringan internet) di Bolsel.

“Hal ini tidak semata mengejar angka capaian TP2DD Daerah, namun yang terpenting ialah meningkatkan pelayanan serta kepercayaan masyarakat kepada Pemda dalam mengelola pajak dan retribusi Daerah. Makin meningkat kepercayaan masyarakat tentu dengan sendirinya akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat akan kewajiban pajaknya, dan akhirnya akan berdampak pada PAD kita,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekda M. Arvan Ohy, Asisten III Rikson Paputungan dan para jajaran pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkab Bolsel.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.