Bupati Bolmong Hadiri Deklarasi Pemilu Damai dan Simulasi Sispam Kota Pengamanan Pemilu Serentak 2023-2024

Telusur.news, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit menghadiri Deklarasi Pemilu Damai dan simulasi Sispam kota dalam rangka Pengamanan pemilu serentak Tahun 2023-2024 di Wilayah Hukum Polres Bolaang Mongondow.

Menyaksikan gelaran simulasi tersebut Bupati Limi Mokodompit menyamapaikan apresiasi kepada Polres Bolsel dan jajarannya.

“Kegiatan ini menujukan bahwa pihak kepolisian benar-benar siap menghadapi setiap tahapan pada pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bolmong agar tetap aman, tertib dan kondusif,” ujarnnya, Selasa 26 September 2023.

Diketahui simulasi ini juga turut disaksikan unsur Forkopimda, KPU Bolmong, Bawaslu Bolmong, TNI dan perwakilan partai politik yang ada di Kabupaten Bolmong. Simulasi ini sendiri merupakan bagian dari tahapan pemilu Tahun 2024.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery, mengatakan bahwa, kegiatan ini turut melibatkan personil Polres Bolmong dan masyarakat. tujuannya untuk mempersiapkan personil pengamanan guna mengantisipasi potensi situasi darurat yang dapat terjadi se waktu-waktu.

“Simulasi ini juga untuk meningkatkan ketrampilan personel dalam menjalankan Standar Oprasional Prosedur pengamanan aksi unjuk rasa, penggunaan kekuatan sesuai dengan perkap No 01 tahun 2009, serta pemahaman personel terhadap tahapan-tahapan jika terjadi Chaos saat unjuk rasa,” ujarnya.

Selain itu katanya, simulasi ini menggambarkan potensi gangguan dalam proses Pemilu dan bagaimana strategi untuk mengatasi eskalasi jika terjadi pergerakan massa yang tidak terkendali.

“Melalui simulasi ini, kita dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana tindakan yang diambil pihak kepolisian jika terjadi pergerakan masa yang tidak terkendali dilapangan pada Pemilu 2024,” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengajak kepada semua masyarakat dan stakholder terkait agar sama-sama menjaga situasi Khamtibmas di Bolmong.

Diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan Simulasi Sispamkota tersebut, ada beberapa tahapan simulasi yang dilaksanakan Polres Bolmong di antaranya : Tahapan pengaturan lalu lintas, Tahapan adanya aksi protes dari oknum masyarakat, dan Tahapan team URC masuk.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.