Pemda Bolsel Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini dan Hari Otda 2024

Telusur.news, BOLSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ( Bolsel) menggelar upacara peringatan hari Kartini ke-145 dan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 Tahun 2024. di Lapangan Apel, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki. pada Kamis, 25 April 2024.

Upacara tersebut di pimpin langsung Asisten II Sekda Bidang Administrasi Umum M. Ichsan Utiah yang mewakili Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru.

Dalam amanatnya, Asisten II M. Ichsan Utiah membacakan amanat Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru. ia menyebut bahwa Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April merupakan peringatan akan sejarah perjuangan emansipasi perempuan. dimana, frasa “Habis Gelap Terbitlah Terang” merupakan kalimat istimewa yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Ibu R.A. Kartini.

“Atas perjuangan R.A. Kartini itulah, saat ini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat,” ujarnya.

“Untuk itu, mari kita tanamkan persepsi untuk menghargai, menghormati dan melindungi perempuan karena mereka adalah sosok ibu yang rela berkorban, sosok yang istri yang mau berjuang dan pembawa generasi masa depan,” pintahnya.

M. Ichsan berharap, akan hadir sosok Kartini yang bisa membawa perubahan untuk Daerah ini.

“Semoga di Bolsel akan hadir sosok Kartini-kartini baru yang bisa membawa perubahan, berani berinovasi dan berdaya saing tinggi,” harapnya.

“Peringatan ini juga diharapkan menjadi momentum kebangkitan kaum perempuan di Daerah ini untuk ikut berpartisipasi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Daerah,” tambahnya.

Sementara, terkait dengan peringatan Hari Otonomi Daerah, Asisten II mengajak kepada semua untuk benar-benar memaknai kembali arti dan filosofi dari Otda.

Di mana katanya, Otda merupakan hak, wewenang dan kewajiban Daerah untuk mengatur serta mengurus sendiri urusan pemerintahan dan warganya dalam bingkai NKRI sebagaimana diatur dalam UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Peringatan Hari Otda tahun ini mengangkat tema Otonomi Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. untuk itu, mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk secara bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan penyelenggaraan Otonomi Daerah yang berkualitas,” jelasnya.

“Terakhir, Pak Bupati berpesan kepada kita semua untuk selalu membangun team work dan lingkungan kerja yang solid serta terus bekerja dengan penuh semangat,” tutupnya.

Upacara ini turut di hadiri oleh Asisten III Muh. Suja Alamri, para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para pimpinan Perangkat Daerah, dan jajaran ASN dilingkup Pemkab Bolsel.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.