Kabupaten Bolsel Sukses Raih Opini WTP Yang ke-10 Kali Secara Berturut-turut

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Jum’at, 03 Mei 2024, menghadiri acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023, untuk Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Manado. dan turut di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, Wali kota se-Sulut, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Inspektorat, Kepala Badan Keuangan Kabupaten/Kota, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPK RI Sulawesi Utara Arif Fadillah, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh Kepala Daerah yang hadir. selain itu, Arif Fadillah juga menyambut hangat Kedatangan mereka.

Dalam sambutannya, Arief Fadillah menyampaikan beberapa kendala yang terjadi dalam pelaporan termasuk dari Aplikasi maupun pada proses pemilu.

“Pemeriksaan atas laporan keuangan adalah bagian dari tugas konstitusi BPK,” tegasnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu, kepala BPK RI Sulut juga memberikan Opini WTP kepada Bolaang Mongondow Selatan dan 5 Kabupaten/Kota lainnya.

“Capaian WTP ini berarti yang kesepuluh kalinya untuk Bolsel. ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulut beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. ini juga tidak luput dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan” Kata Ketua BPK RI Sulut Arif Fadillah.

“Terkait temuan-temuan, saya berharap agar segera diminimalisir dan ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah diserahkannya LHP,” harapnya.

Sementara, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru mengungkapkan, capaian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel mampu memenuhi standar akuntansi, dan pengawasan keuangan yang ketat serta memberikan rasa aman bagi para stakeholder.

Bupati juga berharap, agar capaian ini bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan di masa yang akan datang.

“Mari jadikan capaian Opini WTP yang ke sepuluh kali berturut-turut ini, sebagai contoh bagi Daerah lain, serta motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan Daerah agar hasil ini terus bisa kita pertahankan,” ungkapnya.

Advetrorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.