Tinjau Tempat Relokasi, Bupati dan Wabup Bolsel Dampingi Menteri ATR/BPN

Telusur.news, BOLSEL – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ART) Agus Harimurti Yudhoyono, yang juga merangkap sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), hari ini Minggu, 05 Mei 2024, melakukan kunjungannya ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut).

Kunjungannya ini, dalam rangka meninjau langsung persiapan lahan untuk relokasi pengungsi yang terdampak bencana Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro.

Dalam kunjungannya itu, Menteri ART/BPN di dampingi oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, untuk meninjau langsung tempat relokasi bagi pengungsi yang terdampak bencana Gunung Ruang.

Diketahui, bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan telah menyiapkan lahan seluas 10 ha yang berlokasi di Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur. lokasi ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat relokasi bagi pengungsi yang terdampak Bencana Gunung Ruang, di Kabupaten Sitaro.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, memastikan bahwa status lahan ini clean and clear untuk dijadikan sebagai tempat relokasi.

Selain itu kata Bupati, bahwa kondisi geografis lahan yang berada diantara pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan Daerah asal para pengungsi sebelumnya.

“Ini cocok. apalagi kita ketahui bahwa sebagian besar Penduduk berprofesi sebagai petani dan nelayan, serta Masyarakat yang ada disekitaran lahan juga sebagian besar merupakan suku Nusa Utara. jadi secara umum ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang,” ujar Bupati yang juga di dampingi Wakil Bupati.

Sementara itu, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, setelah melihat langsung kondisi lahan dan melakukan tatap muka dengan masyarakat setempat, ia menyampaikan bahwa kesiapan lahan pada intinya siap dan masyarakat yang ada juga bisa menerima.

“Kami akan segera menindak lanjutinya, dengan segera melakukan koordinasi lintas Kementerian lembaga dan melaporkan hal ini kepada Presiden, dan berjanji dalam waktu dekat bisa segera digunakan untuk relokasi,” kata pak Menteri.

Diketahui, dalam kunjungan itu, Menteri ATR/BPN, turut di dampingi oleh Kakanwil ATR/BPN Sulut Alexander Wowiling, Staf kusus Menteri Bidang Kerjasama Antar Lembaga, Kakantah Bolsel bersama Rombongan, Bupati dan wakil Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten dan para pimpinan SKPD terkait.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.