Wakili Bupati, Sekda Bolsel Buka Rakor Penetapan Indikator Program dan Kegiatan Pendukung TPB

Telusur.news, BOLSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) M. Arvan Ohy, mewakili Bupati Iskandar Kamaru, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penetapan Indikator Program dan Kegiatan Pendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kabupaten Bolsel, di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Jumat, (31/05/2024).

Arvan mennyampaikan bahwa, target TPB di Kabupaten Bolsel lebih memprioritaskan pada beberapa tujuan TPB yang mencakup 4 pilar yakni ekonomi, sosial, hukum dan lingkungan. dimana, tingkat pencapaiannya masih rendah di Daerah ini.

Walaupun begitu kata Arvan, dengan berbagai keterbatasan yang ada, Bolaang Mongondow Selatan, tetap berkomitmen dalam rangka pencapaian tujuan TBP melalui 4 pilar tersebut.

“Adapun tujuan-tujuan tersebut antara lain, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, keseteraan gender, air bersih dan sanitas layak, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, serta kota dan permukiman layak,” ujarnya.

“Sementara, dalam upaya pencapaian tujuan TPB atau SDGs ini kata Arvan, ada banyak kendala yang dihadapi seperti kemampuan fiskal Daerah yang terbatas. namun, Pemkab akan tetap berusaha agar pencapaian TPB Bolsel sinkron dengan target Pemprov Sulut,” katanya menambahkan.

Pada kegiatan Rakor tersebut, Panglima ASN ini juga meminta para peserta untuk mengisi secara cermat target capaian SDGs program dan kegiatan pendukung yang sesuai dengan urusan Perangkat Daerah masing-masing.

“Personil Bappelitbangda nanti akan membagikan matriks isian target capaian SDGs. jadi tolong matriks tersebut di isi dengan target dari OPD bapak/ibu masing-masing,” tegasnya di hadapan para peserta.

Diketahui, bahwa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs merupakan komitmen internasional untuk meningkatkan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. TPB/SDGs juga menjadi salah satu acuan dalam pembangunan Nasional dan Daerah.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh narasumber dari Bappeda Provinsi Sulut yang diwakili Kasub Chiko Warouw.

(S.S)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.