Wabup Deddy Pimpin Upacara Peringatan Harla Pancasila di Bolsel

Telusur.news, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mennggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila tahun 2024, di lapangan garuda Molibagu, kecamatan Bolaang Uki. Sabtu, (01/06/2024).

Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam sambutannya, saat membacakan amanat Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, Wabup Deddy menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, karena Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Dilanjutkannya, bahwa di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, gotong royong, dan Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yakni Bhinneka Tunggal Ika.

“Hari ini, 1 Juni 2024, adalah Hari Lahir Pancasila. hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa yang pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” kata Wabup

“Selain itu, Pancasila juga harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan itu, Wabup juga mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Lebih dari itu, saya mengajak semua untuk harus mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,”ujarnya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat kata Wabup, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. terlebih di tengah krisis global yang terjadi. Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Selamat Hari Lahir Pancasila!,” pungkas Wabup menutup pidatonya.

Upacara tersebut juga diikuti oleh Forkompinda kabupaten, pimpinan instansi vertikal, pimpinan Perangkat Daerah, dan jajaran ASN, TNI/Polri.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.