Sambut Idul Adha 1445 H, PJ Bupati Bolmut Terima Prosesi Adat Mopohabaru

Telusur.news, BOLMUT – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sirajudin Lasena, menerima prosesi Adat Mopohabaru yang dilaksanakan oleh Aliansi Lembaga Adat. Acara ini berlangsung di kediaman Pj Bupati di Desa Boroko, Rabu (12/6/2024)

Prosesi Adat Mopohabaru kali ini dipercayakan kepada Lembaga Adat Bintauna sebagai penyelenggara. Dalam prosesi tersebut, disampaikan bahwa Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H akan jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha akan dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko. Berdasarkan kesepakatan, Khotib Mimbar akan diisi oleh Hamdan Pohontu, dengan Imam Sahrin Harundja dan Bilal Ismail Paputungan.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut, Sirajudin Lasena, menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang telah memberikan informasi terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 H.

“Saya berterima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Bolmut atas informasinya. Semoga pelaksanaan Idul Adha tahun ini berjalan lancar dan penuh berkah,” ujar Sirajudin.

Mengutip dari laman Kemenag RI, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki menyampaikan bahwa berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia yang sudah memenuhi kriteria MABIMS serta laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Zulhijjah tahun 1445 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Oleh karena itu, Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Acara prosesi Adat Mopohabaru ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting di Kabupaten Bolmut, termasuk Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua DPRD Bolmut, Ketua BPS, Kapolres/mewakili, Kajari/mewakili, Kakan Kemenag/mewakili, Asisten Bidang Administrasi Umum, staf ahli bupati, staf khusus bupati, Ketua DMI Bolmut, Pimpinan OPD, kepala organisasi keagamaan, para camat, sangadi, tokoh agama, serta tokoh adat se-Kabupaten Bolmut.

Penulis : Zulkifly Thaib

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.