Dihadiri Sekretaris Daerah se-BMR, Sekda Arvan Apresiasi Giat Forum BPJS Kesehatan Goes to Pesiar

Telusur.news, BOLSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) M. Arvan Ohy, Jumat, (26/07/2024). mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Monitoring dan Evaluasi Implementasi Pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) se-Bolaang Mongondow Raya.

kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Tondano, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, dan menghadirkan para Sekretaris Daerah se-BMR yang didampingi oleh jajaran teknis terkait.

Dalam keterangannya, Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Tondano Albert Christian mengatakan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan cakupan Universal Health Coverage (UHC) di Desa dan Kelurahan dapat mencapai target UHC 98% dan keaktifan peserta 75%.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan itu juga melibatkan Pemerintah di tingkat Desa dan Kelurahan untuk memastikan kepesertaan masyarakat mencapai UHC 98%.

“Ajang ini juga menghadirkan pemangku kepentingan di tingkat Kabupaten/Kota untuk mengetahui bahwa program ini sebagai dukungan terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional secara utuh,” ujarnya.

Ia berharap, sinergitas ini dapat memberi manfaat untuk masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

“Semoga sinergitas yang telah kita bangun ini, dapat memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya di kawasan Bolaang Mongondow Raya,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Arvan dalam kesempatan itu, turut memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Melalui acara yang sangat penting dan strategis ini, kita dapat melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan jaminan kesehatan bagi masyarakat di kawasan BMR khususnya di Kabupaten Bolsel,” kata Sekda.

Selain itu kata Sekda, bahwa melalui forum ini Pemerintah Daerah dapat mengidentifikasi berbagai kendala dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Di Bolsel sendiri, cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan sudah mencapai 98,6% dari seluruh masyarakat yang ada. namun memang masih ditemui beberapa kendala di lapangan salah satunya terkait data by name by address baik yang PBI APBN maupun APBD,” ungkapnya.

Menariknya, diakhir acara, Sekda Arvan di beri kehormatan untuk menutup secara resmi kegiatan yang bertajuk BPJS Kesehatan Goes to Pesiar tersebut.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.