dprd bolmut

Buka Kegiatan Rakorev Dinas Pendidikan, ini Penyampaian Bupati Iskandar

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pokja Bunda PAUD dan Forum Komunikasi PAUD-SD dalam Pelaksanaan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Futsal, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki. pada Rabu (04/09/2024).

Dalam penyampaiannya, Bupati mengatakan bahwa, transisi dari lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ke SD (Sekolah Dasar) merupakan tahap yang sangat krusial dalam perkembangan anak.

Bupati menyebut, pada tahap ini anak-anak mengalami perubahan yang sangat signifikan, baik dari segi fisik, kognitif, maupun sosial emosional.

“Gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan upaya bersama untuk memastikan anak-anak kita dapat melewati tahap transisi ini dengan lancar dan menyenangkan. dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan kondusif, kita berharap anak-anak dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal,” kata Bupati.

Lanjut kata Bupati, gerakan transisi PAUD ke SD juga merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bolsel.

“Transisi ini bukan hanya soal berpindah dari satu jenjang pendidikan ke jenjang pendidikan berikutnya, melainkan merupakan proses penting yang memerlukan perhatian khusus agar anak-anak dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru secara optimal,” ujarnya.

Sementara, tujuan kita kata Bipati yaitu agar setiap anak dapat memasuki SD dengan kesiapan yang baik, dari segi akademik maupun psikologis.

“Untuk itu, kegiatan hari ini sangat penting untuk diiikuti, karena lewat forum ini kita dapat mendiskusikan berbagai tantangan yang dihadapi, mengevaluasi pelaksanaan program, serta merumuskan langkah-langkah strategis guna perbaikan dan pengembangan lebih lanjut,” tegasnya

Bupati berharap melalui kegiatan Rakorev ini, para peserta dapat saling berbagi pengalaman, ide, dan solusi untuk meningkatkan kualitas PAUD serta menyatukan tekad untuk mewujudkan Bolsel sebagai Kabupaten yang peduli terhadap PAUD.

Bupati Iskandar juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani beserta jajaran yang telah berhasil mengupayakan perubahan status 20 lembaga PAUD menjadi lembaga pendidikan negeri.

“Ini merupakan sebuah terobosan yang baik, yang tentunya membuka peluang bagi para guru honorer untuk diangkat sebagai ASN PPPK. semoga upaya ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Bolsel,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada semua pihak untuk selalu menjadikan kepentingan anak-anak sebagai prioritas utama karena investasi kita pada pendidikan mereka adalah investasi untuk masa depan bangsa.

“Mari tingkatkan kolaborasi dan sinergi antara seluruh pihak agar program transisi ini dapat berjalan efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut turut di hadiri Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Bolsel Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo, Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda M. Arvan Ohy, para Asisten Sekda, para pejabat tinggi pratama Pemda, para camat, sangadi dan jajaran Bunda PAUD se-Kabupaten Bolsel.

(S.S)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.