dprd bolmut

Pemkab Bolsel Terbaik ke-II se-Sulut Dalam Penanganan Stunting

Telusur.news, BOLSEL – Di bawah kepemimpinan Bupati Hi. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten terbaik II se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam kategori Kinerja Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penanganan Stunting tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bolsel, dalam acara Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) TPPS se-Sulut Tahun 2024, yang digelar di Hotel Arya duta Manado, Selasa, (17/09/2024).

Dalam kegiatan itu, Wabup Deddy mempresentasikan berbagai program, kegiatan dan inovasi yang dirancang khusus oleh Pemkab Bolsel dalam upaya untuk menurunkan angka stunting di Daerah baik yang dibiayai melalui APBN, APBD, APBDes maupun Non-APBD.

Selain itu, Wabup juga membeberkan sejumlah langkah strategis yang dilakukan Pemda dalam percepatan penurunan stunting diantaranya yaitu, 1). Intervensi Spesifik di mana inovasi Bolsel Tuntaskan Stunting, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, dan balita rutin di posyandu. 2). Intervensi Sensitif yaitu sosialisasi dan edukasi calon pengantin, pendampingan keluarga resiko stunting dan keluarga dengan balita stunting, pembangunan sarpras sanitasi (jamban sehat) dan rumah layak huni bagi keluarga miskin dan beresiko stunting. 3). Inovasi Si-pinter Bolsel untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan percepatan penurunan stunting.

Wabup Deddy juga turut memberikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Bolsel yang telah bahu membahu bekerja keras dalam mewujudkan penurunan stunting.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Pemda, pihak swasta dan masyarakat yang selama ini telah bekerja keras mewujudkan penurunan Stunting di Kabupaten Bolsel,” ucap Wabup.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi pemicu kita semua untuk bekerja lebih keras dan lebih giat lagi dalam rangka mewujudkan Bolsel Bebas Stunting kedepannya,” harapnya.

Dengan capaian yang diraih ini, membuktikan jika Progres penanganan Stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menunjukkan capaian penurunan yang signifikan.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut Wabup turut di dampingi oleh Sekda M. Arvan Ohy, Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Kepala Bappelitbangda Rikson Paputungan, Kepala Dinas KBP3A Suhartini Damo dan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel.

(S.S)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.