dprd bolmut

Berkunjung ke-Bolsel, Tim Kemendikbudristek RI Disambut Baik Bupati Iskandar

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, menerima kunjungan tim dari Kemendikbudristek Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Humas Pusat Penguatan Karakter Taufik Dahlan, di Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki. Kamis, (18/07/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Iskandar didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani bersama jajarannya.

Adapun yang di bahas yaitu tentang pemilihan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sebagai pilot project Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan) tingkat Nasional.

Dalam keterangannya, Rante Hattani mengatakan bahwa, Permendikbudristek No 46 Tahun 2023 adalah langkah pasti untuk menerapkan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

Selanjutnya, Pemkab Bolsel sesuai kewenangannya melakukan penguatan tata kelola dengan cara menyusun dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah No 62 tahun 2023 untuk mendukung Permendikbud tersebut.

“Untuk mempermudah pelaporan maka telah dikembangkan sistem pelaporan kekerasan melalui aplikasi SILARAS. Aplikasi ini dapat mempermudah pelaporan dan menjamin kerahasiaan identitas pelapor,” kata Kadis Pendidikan dan Kabudayaan Rante Hattani.

Bupati pun menyambut baik pemilihan Bolsel sebagai lokasi pilot project nasional Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP Kemendikbudristek RI.

Bupati mengatakan bahwa, Pemda Bolsel melalui Dinas Dikbud dan Dinas PPPAKB secara terus-menerus telah melakukan sosialisasi Permendikbud No 46 ini kepada seluruh satuan Pendidikan yang ada di Bolsel, termasuk yang terkait dengan Bullying dan tindak lanjut mengenai hal tersebut.

“Alhamdulilah Pemda juga selalu mendapat dukungan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Utara yang terus bersinergi dan memberikan pendampingan yang intens,” ucap Bupati saat berbincang dengan tim dari Kemendikbudristek di ruang kerjanya.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.