dprd bolmut

Dibuka Pjs. Bupati, Disdikbud Bolsel Gelar Bimtek Untuk Meningkatkan Kualitas TPPK di Satuan Pendidikan

Telusur.news, BOLSEL – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) serta Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Jenjang SD dan SMP.

Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Pjs. Bupati Bolsel Tahlis Gallang, bertempat di Hotel Aryaduta Manado. pada Senin, 14 Oktober 2024.

Dalam penyampaiannya, Pjs. Bupati Tahlis Gallang mengatakan bahwa, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel, Pemeritah Daerah mengambil langka cepat dalam peningkatan kapasitas TPPK di Satuan Pendidikan.

“Ini merupakan komitmen dan kepedulian Pemda melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan dalam memberikan kondisi lingkungan Pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan,” kata Pjs. Bupati.

“Melihat dari kasus kekerasan yang ada di Kabupaten Bolmong Selatan, Sebesar 80% kasus kekerasan adalah kekerasan seksual yang melibatkan anak-anak. ini sungguh perihatin dan seharusnya menjadi perhatian dilingkungan Satuan Pendidikan,” ujarnya menambahkan.

Pjs. Tahlis juga mengungkapkan bahwa, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemda Bolsel telah melakukan inovasi-inovasi terkait dikeluarkannya Permendikbudristek 46 tahun 2023.

“Namun bapak/Ibu, bukan hanya sampai pada outputnya. ketika bercermin dengan kasus kekerasan yang ada, maka wajib untuk kita semua memberikan outcome yang mampu berdampak signifikan dalam pengurangan kasus kekerasan yang terjadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Hj. Rante Hatani mejelaskan bahwa, bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas TPPK di satuan pendidikan, dan bukan hanya pada diri masing-masing namun bisa menciptakan kondisi lingkungan yang ramah, aman, inklusiv dan berkebhinekaan.

Selain itu kata Rante, pihaknya juga telah mengundang tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan untuk mengikuti kegiatan ini yang melibatkan unsur Kepala Sekolah, tenaga pendidik, komite dan orang tua murid.

“Jumlah seluruh peserta yang mengikiti kegiatan ini yaitu sebanyak 376 orang dari 94 Satuan Pendidikan jenjang SD dan SMP,” ungkapnya.

“Saya berharap, dengan kegiatan ini, semoga kedepannya kita bisa menciptakan kondisi lingkungan yang bikin para siswa lebih merasa aman saat berada di sekolah,” harapnya.

Diketahui, Kegiatan tersebut, turut di hadiri oleh Kepala BPMP Sulut, Kepala BGP Sulut, Kasat Reskrim Polres Bolsel, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Pusat Penguatan Karakter Kemdikbudristek, kepala OPD, Camat, Kabag dan Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel.

(Adve/S.S)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.