dprd bolmut

Ini Syarat Lomba Tutur Cerita Rakyat Tingkat SD/MI

0

Telusur.news, Kotamobagu – Balai pelestarian nilai budaya Sulawesi Utara mengadakan lomba untuk anak Sekolah Dasar yang bertajuk tutur cerita rakyat tingkat SD/MI yang pemilihannya nanti dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh peserta antara lain :

1. Siswa siswi kelas 3-6 Sekolah Dasar/MI (saat mendaftar) ;

2. Berasal dari sekolah negari maupun swasta yang memiliki perpustakaan yang dikelola dengan baik (minimal 2 tahun terakhir);

3. Memiliki pengalaman membaca secara baik khususnya terkait dengan budaya diwilayah Sulawesi Utara;

4. Melampirkan/menunjukkan dal melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah masing-masing tentang yang bersangkutan memenuhi persyaratan dan atau persetujuan untuk mengikuti lomba.

Adapun materi yang akan dibawakan oleh anak-anak nanti adalah cerita rakyat bermuatan lokal yang mengandung nilai perjuangan, kepahlawanan atau legenda (tidak boleh berupa cerita tokoh bintang /fable) dan peserta wajib membawakan cerita yang berasal dari Kabupaten/Kota peserta berasal.

Hal penting lainnya yaitu cerita yang dibawakan anak siswa siswi nanti diharapkan dapat membangun pendidikan karakter bangsa seperti sikap nasionalisme, jujur, religius, peduli lingkungan, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta damai, bersahabat, toleransi, senang belajar atau gemar menggambar.

Waktu pelaksanaan yang ditentukan oleh panitia ada 2 tahapan yakni tahap penyisihan dan grand final.

Pelaksanaan ditingkat regional akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 15 September 2021.

Grand final sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2021 pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Juknis Lomba Tutur Cerita Rakyat Sulut

Leave A Reply

Your email address will not be published.