Bupati Sachrul Resmi Tutup Uji Kompetensi JPT Pratama Boltim

0

BOLTIM — Bupati Sam Sachrul Mamonto, menghadiri sekaligus menutup secara resmi uji kompetensi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (30/9) kemarin.

Kegiatan yang diinisiasi BKPSDM Boltim tersebut berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) selama dua hari di Hotel Grand Puri Manado.

Total 13 orang peserta diuji kemampuan oleh panitia seleksi (Pansel) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Ir Sonny J Warokka PhD, yang juga selaku Ketua Pansel JPT Pratama Pemkab Boltim.

Melalui sambutan, Sachrul menyampaikan, bahwa uji kompetensi perlu dilakukan untuk mengukur kemampuan para calon kepala SKPD. Dikatakannya, undang-undang juga telah mengatur bahwa untuk melakukan rotasi atau pengisian jabatan eselon II, harus melalui uji kompetensi. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah untuk melindungi hak ASN.

“Sehingga tidak ada ASN  yang setelah ada Bupati baru, lantas dilempar sana sini apalagi para eselon II. Nantinya para calon pejabat yang lolos dalam uji kompetensi ini, harus bersedia menandatangani pakta integritas dengan saya selaku pimpinan daerah. Sebab, ada beberapa poin penting yang harus ditandatangani dan intinya benar-benar tulus dan mau melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai seorang kepala satua kerja, mengacu pada visi-misi Pemerintahan SSM-OPPO,” urai Sachrul.

Lebih lanjut, ia pun berharap, sejumlah jabatan OPD yang dilelang ditempati oleh orang-orang yang hebat , mampu, dan ditempatkan di posisi yang benar sesuai dengan kemampuan serta disiplin ilmu.

“Sebab kesuksesan pemerintahan saya dan pak Wabup tergantung pada pimpinan OPD dan kami menginginkan masa Pemerintahan kami bisa sukses,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga meyakinkan para peserta bahwa proses pelaksanaan uji kompetensi dilakukan secara profesional. Dimana, hasil penilaian dari Pansel akan dikirim ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi pelaksanaan pelantikan.

“Siapa saja nanti yang bakal lolos dan menempati posisi jabatan eselon II, pesan saya jaga kejujuran, cintailah daerah Boltim, serta tulus dan ikhlas melayani masyarakat Boltim. Tidak lupa Saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim Pansel yang sudah bekerja keras melakukan seleksi ketat kepada para peserta,” tandas Bupati

Leave A Reply

Your email address will not be published.