Hadiri Pencanangan Kampung Reformasi Agraria, SSM Serahkan 1000 Sertifikat TORA Bagi Masyarakat Boltim

0

Telusur.news, Boltim — Bupati Bolaang Mongondow Tiimur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, Msi, menghadiri kegiatan pencanangan Kampung Reforma Agraria yang diselenggarakan oleh tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) bekerjasama dengan Pemkab Boltim, bertempat di Desa Mooat Kecamatan Mooat, Rabu 12 Januari 2022.

Pada kesempatan ini, Sachrul juga menyerahkan secara simbolis kurang lebih 1.000 sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) tahun 2021 kepada masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Sachrul mengatakan, bahwa Kampung Reforma adalah suatu kawasan yang didiami oleh kelompok masyarakat penerima TORA yang telah dilakukan penataan aset, penataan penggunaan tanah, dan penataan akses, sehingga terwujud suatu kampung tematik yang mencerminkan catur tertib pertanahan.

“Kampung reforma agraria diharapkan mampu menjadi etalase keberhasilan pelaksanaan reforma agraria dalam skala kecil, yakni meliputi penataan aset, penatagunaan tanah, dan penataan akses dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya dan potensi yang ada dalam suatu wilayah,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penetapan atau pencanangan kampung reforma agraria ini. Antara lain penataan aset lewat probram legalisasi aset, redistribusi tanah, konsolidasi tanah, maupun pemanfaatan bersama.

“Selanjutnya, penataan penggunaan tanah yakni rencana badan jalan, emplasemen, fasilitas sosial, fasilitas umum, wilayah tanah usaha, aspek fisik, aspek yuridis dan aspek lingkungan hidup serta penataan akses yaitu indikatornya adalah peningkatan pendapatan subyek reforma agraria berupa outcome dan impact,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, dirinya juga menyerahkan bantuan bibit cabe dan bawang merah kepada para petani serta melakukan penanaman bibit tanaman holtikultura.

Turut hadir dalam kegiatan, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kotamobagu, para asisten dan sejumlah pejabat eselon II Pemkab Boltim.(*/yyn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.