DKP Boltim Pastikan Kesediaan Pangan Saat Ini Aman Dan Mencukupi

0

BOLTIM — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui dinas Ketahanan Pangan (DKP), menjamin ketersediaan pangan diwilayahnya saat ini aman dan mencukupi.

Kepala Dinas DKP Boltim Ayko Mentemas, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Heny Elvandari Mamonto menuturkan, ketersediaan pangan di Boltim saat ini masih berada pada titik aman dan mencukupi. Tidak ada desa yang mengalami krisis pangan, kecuali desa yang terdampak bencana.

“Kami tetap melakukan berbagai terobosan dan solusi untuk mengantisipasi terhadap terjadinya krisis pangan tersebut. Kita lakukan survey ke daerah yang mengalami krisis pangan, kemudian mendistribusikan pangan dari daerah sentra pangan ke daerah yang mengalami rawan pangan,” jelasnya, Rabu 09 Maret 2022.

Pihaknya juga mengimbau, agar masyarakat Boltim bisa berinovasi memfungsikan lahan maupun pekarangan untuk tanaman pangan.

“Masyarakat bisa fungsikan lahan pekarangan, seperti menanam tanaman obat-obatan herbal dan kebutuhan rempah-rempah dapur lainnya. Ini juga bertujuan agar tidak terjadi rawan pangan, dan program desa mandiri pangan bisa terwujud. Semua bisa tercapai dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dan dinas terkait,” terangnya.(REN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.