Polres Bolsel Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77

Telusur.news, Bolsel – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Menggelar upacara peringatan hari pahlawan ke-77 di lapangan Wicaksana Laghawa Polres Bolsel. Kamis, 10 November 2022.

Pada Upacara tersebut, bertindak Selaku inspektur upacara yaitu Kabag OPS Kompol Suharno yang mewakili Kapolres Bolsel AKBP Ketut Suryana, Perwira upacara Kabag SDM AKP Rusman Saleh,dan komandan upacara kaur binopsnal Sat Narkoba Ipda Moh Sarif Gobel.

Sementara itu, peserta Upacara terdiri dari satu Regu pejabat Utama polres, saru regu pama polres, satu regu  Sat Sabhara ,satu regu Sat Lantas,1 regu gabungan Sat reskrim, Sat Res Narkoba dan Sat Intelkam Polres Bolsel.


Dalam kesempatan itu, Kabag OPS Kompol Suharno yang juga sebagai inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI. ia menyampaikan Hari pahlawan pada setiap tahunnya selalu diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam kehidupan kita sebagai Bangsa dan Negara merdeka.

“MariKita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa, dari para Pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan Kemerdekaan,” ujarnya.

Lanjut kata Kompol Suharno, bahwa penting kita resapi semangat dan keikhlasannya, Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu.

“Para Pejuang sepenuhnya percaya masa depan kita, para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya

“Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh,” tambahnya

Dilanjutkannya, Kesiap siagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa pemenang.

“Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. sekali merdeka, tetap merdeka, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan Energi baru dan terbaharukan. melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi,” tukasnya.

Lebih lanjut dalam penyampaiannya, bahwa tidak mudah memang tapi pasti bisa, karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, kita warisi dan kita ikuti. sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman, dengan senjata, dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. dengan tangan mengepal, dan dada menggelora, teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku. dengan semangat “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 juga diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika, mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.

Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.