dprd bolmut

Penyaluran Bansos Tahun 2022 Berakhir Bulan Desember

Telusur.news — Penyaluran Bansos Tahun 2022 berkahir pada Bulan Desember.

Dan Bansos di Bulan Desember Tahun 2022 adalah penyalurah terakhir.

Tak hanya itu, Banos yang akan cair di bulan Desember Tahun 2022 sebanyak 10 Bansos, antara lain BLT BBM, PKH dan lainnya. Bansos cair Desember 2022 ini disalurkan oleh beberapa kementerian lembaga di mana paling banyak berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Dikutip dari media Kilas24.com, 30 November 2022, berikut 10 bansos yang cair Desember 2022 yang dihimpun

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan bansos khusus yang diberikan kepada keluarga miskin yang sudah terdaftar oleh pemerintah. Penerima PKH dapat mengecek bansos secara online melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/ .

Adapun besaran PKH berdasarkan 7 komponen, yaitu ibu hamil dan anak usia dini masing-masing sebesar Rp250 ribu per bulan atau setara dengan Rp3 juta per tahun.

Kategori berikutnya, anak SD Rp75 ribu per bulan atau setara dengan Rp900 ribu per tahun. Anak SMP Rp125 ribu per bulan atau setara dengan Rp1,5 juta per tahun. Serta anak SMA Rp166 ribu per bulan atau setara dengan Rp2 juta per tahun.

Selanjutnya, ada disabilitas berat dan lansia masing-masing sebesar Rp200 ribu per bulan atau setara dengan Rp2,4 juta per tahun. Bansos PKH tersebut akan disalurkan kepada penerima lewat program Kartu Keluarga Sejahtera.

  1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan bansos pangan yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat kategori miskin berupa Kartu Keluarga Sejahtera yang berisi sebesar Rp200 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

KPM dapat digunakan berbelanja berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. Jika tidak digunakan maka bantuan ini akan tetap tersimpan dan diakumulasi. Penerima dapat melakukan cek bansos secara online lewat link https://cekbansos.kemensos.go.id/ .

  1. BLT Bahan Bakar Minyak (BBM)

BLT BBM ini akan diberikan kepada KPM program sembako ataupun BPNT dan PKH, ojek online, nelayan, serta pelaku UMKM.

Besaran BLT BBM yaitu Rp600 ribu per orang. Penyalurannya dibagi menjadi 2 tahap, tepatnya pada bulan September dan Desember 2022. Di mana masing-masing tahap bisa dicairkan Rp300 ribu.

Penyaluran BLT BBM ini melalui PT Pos Indonesia dan bank Himbara. Penerima juga dapat melakukan pengecekan secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

  1. Program Indonesia Pintar (PIP)

Penerima PIP sendiri merupakan pelajar sekolah yang berasal dari keluarga kategori miskin dan telah terdaftar sebagai peserta PKH serta terdaftar di Dapodik.

Bagi anak SD nominal PIP sebesar Rp450 ribu per tahun, sementara siswa SMP Rp750 ribu per tahun, dan SMA sebesar Rp1 juta. Peserta dapat mendaftarkan secara online di link https://pip.kemdikbud.go.id/home .

  1. Bansos Lansia

Bantuan sosial lansia diberikan mulai Desember 2022 mendatang dengan nominal Rp21 ribu per hari selama 31 hari atau setara dengan Rp651 ribu per bulan kepada masyarakat yang berusia di atas 80 tahun.

Adapun penyaluran bansos ini lewat bank Himbara yang akan diberikan langsung ke rumah masing-masing KPM ataupun bagi lansia tunggal yang tidak mempunyai keluarga, maka bantuan akan dititipkan kepada RT atau RW setempat.

  1. Bansos yatim piatu

Bantuan sosial yatim piatu akan diberikan kepada anak yatim piatu mulai bulan Desember 2022 sebesar Rp200 ribu per bulan.

  1. Bansos Penyandang Disabilitas

Pemerintah akan memberikan bansos penyandang disabilitas mulai Desember 2022 mendatang. Nominal yang diberikan Rp21 ribu per hari selama 31 hari atau setara dengan Rp651 ribu per bulan.

  1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Penerima BSU merupakan para pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Adapun besaran BSU yang diterima oleh pekerja yakni sebesar Rp600 ribu. Anda dapat mendaftarkan diri secara online melalui link https://bsu.kemnaker.go.id/ .

  1. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan bansos pelatihan yang diberikan bagi para pencari kerja, pekerja ataupun buruh yang terkena PHK, serta pengusaha kecil yang terdampak COVID-19. Adapun besaran Kartu Prakerja yakni Rp3,5 juta, terdiri dari Rp1 juta untuk biaya pelatihan, insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, dan Rp150 ribu untuk insentif survei kebekerjaan setelah mengikuti pelatihan.

Anda dapat mendaftar bansos secara online di link https://www.prakerja.go.id/.

 (*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.