Bupati SSM Dianugerahi Gelar Adat Kehormatan Kolano Ki Sinungkudan Tule Molantud Inta Mokotareangkum

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto (SSM) dianugerahi gelar adat kehormatan Kolano Ki sinungkudan tule molantud inta mokotareangkum, yang dilaksanakan di Tutuyan, Jumat 10 Februari 2023.

Acara ini juga turut dihadiri Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Letkol Inf Topan Angker Dandim 1303/BM dan Kapolres Boltim AKBP I Dewa N.A Surya N. SIK dan Kapolres Kotamobagu AKBP Dasvery Abdy, SIK.

Selain itu, Wabup Boltim Oskar Manoppo trurut hadir bersama Sekda Boltim Sonny Waroka, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, Windarto Korompot SH mewakili Kejari Kotamobagu, Mayor INF Yopi Adri Tijow Pabung Boltim dan lembaga adat.

Acara ini diawali dengan do’a syukuran dan pembacaan surat keputusan oleh dewan adat 4 Ekswapraja.

Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi pemberian gelar adat sekaligis penyerahan tongkat dan pemasangan salempang Adat kepada Bupati Boltim.

Dan penyerahan kabela kepada Istri Bupati Boltim Ny. Eriana Budiman dan dilanjutkan lagi dengan pembacaan sinopsis makna dari gelar adat.

Usai membacakan makna gelar adat yang diberikan, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada dewan Adat.

“Terima kasih dewan adat yang telah memberikan gelar Adat kehormatan Kolano Ki sinungkudan tule molantud inta mokotareangkum,” ucap Bupati.

Menurut Bupati Sam Sachrul Mamonto ini merupakan tekad dan semangat saya untuk membangun Kabupaten Boltim.

Selain itu Bupati juga mengatakan, tahun ini akan dilakukan pembangunan mesjid Raya di Kabupaten Boltim.

Tak hanya itu, Ia juga berjanji akan membangun museum khusus untuk barang barang bersejarah se Kab Boltim.

“Kita harus menjaga budaya dan adat Bolaang Mongondow,” ungkap Bupati.

Usai sambutan acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan oleh 4 Ekswapraja sekaligus peresmian rumah dinas Bupati Boltim serta penandatanganan prasasti dan acara selesai.(*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.