Pelatihan wirausaha Dan Pemasaran Digital Diikuti Ratusan Pelaku UMKM Bolsel

BOLSEL – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyelenggarakan kegiatan Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Senin, 20 Maret 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung BPU Kantor Camat Bolaang Uki, Desa Molibagu itu, diikuti oleh 100 orang pelaku UMKM se Kabupaten Bolsel yang terbagi dalam 2 kelas pelatihan yaitu Kelas Wirausahaan Digital dan Pemasaran Digital Dasar.

Dalam sambutannya, Kepala Balai BPSDM Kominfo Manado Darsa Jaya Hedar mengatakan, bahwa untuk mengatasi kesenjangan talenta digital (digital talent gap) di Indonesia, Kementerian Kominfo bersama ekosistem terkait tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi serta pengembangan SDM.

“Kemkominfo saat ini mempunyai Program Pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship (DTS) yang bertujuan untuk memberi pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan kompetensi masyarakat di bidang tersebut,” kata Darsa Jaya.

“Kegiatan hari ini juga merupakan salah satu dari 8 akademi DTS yang sedang kami jalankan yaitu Digital Enterpreneurship Academy (DEA) dengan Skema Pemasaran Digital Dasar yang merupakan program pelatihan pengembangan SDM bagi pelaku UMKM,” tambahnya

Lanjut kata Darsa, Pelatihan DTA-Kelas Dasar ini adalah pelatihan bagi digipreneur pemula dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi.
“Semoga melalui pelatihan ini para peserta mampu memahami dasar-dasar keamanan kewirausahaan digital, mampu melakukan adopsi digital dalam bisnisnya dan mampu memahami pemasaran konten dan
mengelola media sosial,” harapnya.

Sementara, ditempat yang sama, Kadis Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja Moh. Basri Sutrimo, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala BPSDMP Kominfo Manado beserta jajaran yang sudah mengagendakan kegiatan penting ini di Bolsel.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Balai dan jajaran yang sudah menyelenggarakan pelatihan DTA di Bolsel,” ucapnya

Basri berharap, masih ada lagi kegiatan-kegiatan serupa terkait peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang diagendakan di sini.

“Saya harap para peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar mendapat wawasan dan ketrampilan baru terkait Digital Enterpreneurship,” harapnya

Diketahui, pemateri dalam kegiatan ini yaitu tim Pengajar DEA BPSDM Kominfo Manado, Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi dan UMKM Bolsel, Kabid PIP Diskominfo Bolsel Hirsan Moogangga.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.