dprd bolmut

Pemkab Bolmong Raih Sensanitasional Award Tahun 2023

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, menerima langsung penghargaan kategori akses Sanitasi Layak Terbaik dari penilaian Anugerah Sulut Sensanitasional Award tahun 2023, dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yabg diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw, di The sentra Hotel Manado.

Hal ini turut dibenarkan Plt Kadis PUPR Bolmong melalui Kepala Bidang Cipta Karya Anugerah I Paputungan ST, Kamis (27/4/2023). Ia mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut sudah melalui penilaian tim juri dari pemerintah provinsi, kementerian PU, akademisi, dan tenaga ahli.

Diterimanya penghargaan ini, kata Anugerah, pertama atas keterlibatan seluruh stakeholder dan Pemda Bolmong untuk program sanitasi. Dukungan dari internal Pemerintah daerah dan swasta. “Selain itu dukungan pemda soal alokasi anggaran dan ini juga atas inovasi dari Pemda,” kata Anugerah.

Menurutnya, sudah sekitar 18 ribu kepala keluarga yang sudah menikmati sanitasi tersebut. “Ini dianggarkan lewat APBD dan APBN,” ujar Anugerah.

Dirinya berharap, untuk ke depannya dapat dialokasikan anggaran untuk sanitasi lebih diprioritaskan. Karena Sanitasi termasuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM), dan Program Pemerintah Sustainable Development Goals (SDG’S) 2030.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, berbangga atas penghargaan itu. Tapi kata Limi, perlu kita ingat bahwa masih banyak hal yang harus diseriusi. Bahkan ditingkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat, utamanya pembangunan, pelayanan publik, termasuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

*harapan saya ini menjadi perhatian semua stakeholder dan pemangku kepentingan di daerah, untuk lebih meningkatkan pelayanan, agar masyarakat dapat terlayani dengan baik. Apalagi menyangkut kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Sebab, ini akan menjadi barometer kemajuan daerah kita ke depan,” harapnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.