Cegah Kasus DBD Dinkes Bolmong Ajak Masyarakat Lalukan Giat Pemberantasan Sarang Nyamuk

BOLMONG Cegah Kasus DBD, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengajak Masyarakat untuk melakukan Giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling, upaya pencegahan terhadap munculnya kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak lain dengan menerapkan gerakan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk.

“Langkah ini lebih baik dari pada kita harus melakukan fogging, karena fogging juga memiliki dampak terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat,”kata Julin. Kamis 11 Mey 2023.

Ia juga menambahkan, Gerakan ini dapat dilakukan secara kolektif di masing-masing desa dan kelurahan. Diantaranya, pada akhir pekan dilakukan kerja bakti, maka pelaksanaan gerakan PSN juga dilakukan dengan melakukan 3 M plus, yakni menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat  penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Selain itu, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya, dan emanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

“Sedangkan untuk  Plus-nya, kegiatan pencegahan DBD lainya bisa dilakukan seperti menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain- lain,” terangnya.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.