Pemkab Bolsel Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Dirangkaikan Dengan Hardiknas dan Harkitnas 2023

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023. Kamis, (01/06/2023).

Upacara digelar di Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, dan dipimpin langsung Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, serta diikuti oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Forkopimda Kabupaten, perwakilan instansi vertikal, Ketua TP-PKK Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda M. Arvan Ohy, para Asisten Sekda, para Staf Ahli dan Staf Khusus, pimpinan PD, para jajaran ASN, para guru dan siswa, OKP dan tokoh-tokoh masyarakat.

Membacakan amanat Mendikburistek Nadiem Makarim pada peringatan Hardiknas 2023, Bupati Iskandar, mengungkap pentingnya peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
“Melalui momentum ini semua pihak harus bekerjasama dan bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk mencapai Merdeka Belajar,” ungkapnya.

“Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada semua peserta didik untuk menentukan jenjang, jalur, dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing orang. Sehingga tercipta lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan bermakna,” jelas Bupati

Bupati juga mengajak insan pendidikan menyemarakkan hari ini dengan semangat perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.
Selanjutnya, Bupati Iskandar menantang jajaran guru untuk berinovasi mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel. “Saya tantang guru-guru anak Daerah untuk tunjukkan inovasi dan prestasi dalam mengembangkan dunia pendidikan di Bolsel. Ayo manfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar,” tandasnya.

Kemudian, pada peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023, Bupati Iskandar membacakan sambutan Plt Menkominfo Moh. Mahfud MD yang mengatakan agar peringatan ini dapat dimaknai sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

“Selain itu, ini juga dapat dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” kata Bupati.
Ia juga mengajak semua pihak untuk merapatkan barisan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Iskandar membacakan arahan Presiden Joko Widodo yang menyebut Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, stabilitas sosial dan politik, inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah.

“Stabilitas tersebut dapat dijaga karena persatuan hingga gotong royong seluruh pihak. Nilai-nilai tersebut landasannya Pancasila yang diwariskan Presiden Sukarno. Mari tetap pegang teguh ideologi Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia.Mari terus tanamkan Pancasila dan aktualiasikan nilai-nilainya dalam bermasyarakat” ujarnya.

“Selanjutnya, saya selaku Bupati sebagai pembina politik di daerah ini mengajak kita semua untuk berpolitik dengan etik, estestika dan logika. Mari kita sama-sama jaga daerah ini agar tetap aman dan kondusif jelang Pesta Demokrasi 2024,” tutupnya.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.