Kunker Direktur NAM-CSSTC dan Direktur ICC di Sambut Baik Bupati dan Wabup Bolsel

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, menerima kunjungan kerja Direktur Non Aligned Movement Centre for south-south Technical Cooperation (NAM-CSSTC) Diar Nurbiantoro, dan Direktur International Coconut Community (ICC) Ir. Jelfina Constansje Alouw, di Ruang Rapat Berkah Kantor Bupati. Pada Rabu 26 Juli 2023.

Pada pertemuan itu, Bupati dan Wakil Bupati Bolsel didampingi Sekda M. Arvan Ohy dan jajaran pimpinan perangkat daerah. hadir juga perwakilan DLH Provinai Sulut , BKSDA Provinsi Sulut, WCS serta Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Dalam kesempatan itu, Bupati Iskandar dan Wabup Deddy menyampaikan ucapan selamat datang kepada Direktur NAM CSSTC dan Direktur ICC bersama rombongan.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Bolsel mengucapkan selamat datang kepada Direktur NAM CSSTC dan Direktur ICC bersama rombongan,” ucap Bupati.
Bupati juga menyampaikan bahwa, sumber daya kelapa di Bolsel besar tapi lokasi penjualan sangat jauh di Amurang, Minsel.

“Dari setiap pintu masuk di daerah ini sudah dihiasi dengan nyiur melambai. ini artinya Bolsel sangat besar sumber daya kelapanya. selain itu, di sini kita juga  memproduksi arang tempurung,” ungkap Bupati.

Bupati pun menaruh harapan besar atas kunjungan ini yang ikut menggandeng ICC, DLH, BKSDA, WCS serta TN. Bogani Nani Wartabone. dengan harapan kunjungan kemitraan ini dapat meningkatkan ekonomi di Kabupaten Bolsel.

“Semoga kerjasama ini akan meningkatkan produksi pertanian khususnya Kelapa di sekitar koridor Tanjung Binarean dan kawasan-kawasan lainnya di Bolsel tanpa mengabaikan keberlangsungan hidupan liar khususnya spesies Maleo dan spesies langka lainnya,” ujarnya.

Sementara, Direktur NAM-CSSTC Diar Nurbiantoro sepakat dengan Pemda Bolsel terkait memaksimalkan produksi pertanian dan perkebunan namun tetap konsisten menjaga keberlangsungan upaya konservasi di daerah ini.

“Kunjungan kami dalam rangka follow up program kerja NAM-CSSTC terkait capacity building guna mencapai tujuan pembangunan negara-negara anggota dalam mencapai pembangunan manusia yang berkelanjutan serta mendorong negara-negara berkembang untuk terlibat efektif dan adil dalam proses globalisasi,” katanya.

Selain itu, Direktur ICC Ir. Jelfina juga dalam paparannya menyebut bahwa tujuan dalam rangka meningkatkan produksi pengolahan kelapa adalah bagaimana kita memanfaatkan sumber daya kelapa untuk diolah sendiri menjadi minyak.

“Nantinya ke depan, kami akan mendatangkan tenaga ahli agar produksi kelapa di daerah ini dapat lebih meningkat,” tuturnya.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.