Hadapi Pemilu 2024, Polres Bolsel Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Telusur.news, BOLSEL – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Siang tadi Kamis, 21 September 2023, menggelar kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), dalam rangka kesiapan pengamanan pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Bolesel tersebut, sebagai bagian dari persiapan untuk menghadapi situasi kontijensi yang mungkin terjadi pada Pemilu tahun 2024.

Simulasi ini juga turut disaksikan unsur Forkopimda Bolsel, KPU Bolsel, Bawaslu Bolsel, TNI dan perwakilan partai politik yang ada di Kabupaten Bolsel. Simulasi ini sendiri merupakan bagian dari tahapan pemilu Tahun 2024.

Kapolres Bolsel AKBP Indra Wahyu Madjid, mengatakan bahwa, kegiatan ini turut melibatkan personil Polres Bolsel dan masyarakat. tujuannya untuk mempersiapkan personil pengamanan guna mengantisipasi potensi situasi darurat yang dapat terjadi se waktu-waktu.

“Simulasi ini juga untuk meningkatkan ketrampilan personel dalam menjalankan Standar Oprasional Prosedur pengamanan aksi unjuk rasa, penggunaan kekuatan sesuai dengan perkap No 01 tahun 2009, serta pemahaman personel terhadap tahapan-tahapan jika terjadi Chaos saat unjuk rasa,” ujarnya.

Selain itu katanya, simulasi ini  menggambarkan potensi gangguan dalam proses Pemilu dan bagaimana strategi untuk mengatasi eskalasi jika terjadi pergerakan massa yang tidak terkendali.

“Melalui simulasi ini, kita dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana tindakan yang diambil pihak kepolisian jika terjadi pergerakan masa yang tidak terkendali dilapangan pada Pemilu 2024,” ujar Kapolres.

Kapolres juga mengajak kepada semua masyarakat dan stakholder terkait agar sama-sama menjaga situasi Khamtibmas di Bolaang Mongondow Selatan.

Sementara itu, Bupati Bolsel yang di wakili Asisten I Alsyafri Kadullah, yang hadir langsung menyaksikan gelaran Simulasi tersebut, turut mengapresiasi Polres Bolsel dan jajarannya.

“Kegiatan ini menujukan bahwa pihak kepolisian benar-benar siap menghadapi setiap tahapan pada pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bolsel agar tetap aman, tertib dan kondusif,” pungkasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan Simulasi Sispamkota tersebut, ada beberapa tahapan simulasi yang dilaksanakan Polres Bolsel di antaranya : Tahapan pengaturan lalu lintas, Tahapan simulasi kampanye, Tahapan pemungutan suara di TPS, Tahapan adanya aksi protes dari oknum masyarakat, dan Tahapan team URC masuk.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.