dprd bolmut

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Dinkes Bolmong Gelar Diklat Manajemen Puskesmas

Telusur.news, BOLMONGDalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Manajemen Puskesmas, Senin 2 Oktober sampai 12 Oktober 2023 mendatang.

Kegiatan ini menggandeng Bada Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinkes Sulawesi Utara (Sulut), dan diikuti oleh 19 perserta dari Puskesmas dan 11 dari Dinkes Bolmong.

Ada pun tujuan dari Diklat tersebut yakni guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Permenkes nomor 43 tahun 2019 tentang Puskesmas, yang mengharuskan kepala Puskesmas mengikuti Diklag Manajemen Puskesmas ini.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling SKM yang menghadiri dan membuka kegiatan Diklat tersebut.

“Keberhasilan pelaksanaan tugas di Puskesmas sangat tergantung pada manajemen Puskesmas. Sebagai pelaksana kebijakan kesehatan, Puskesmas harus dikelola dengan manajemen yang mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah, khususnya Kemenkes RI. Oleh karena itu, jajaran Puskesmas se Bolmong kita ikutkan Diklat ini,” tutur Julin.

Julin juga menambahkan, keikutsertaan para Kepala Puskesmas dalam Diklat manajemen Puskesmas ini juga dalam rangka mewujudkan Kecamatan Sehat, sebagaimana program pemerintah yakni Indonesia Sehat.

“Sebagai garda terdepan, Puskesmas merupakan ujung tombak pelaksanaan pembangunan kesehatan. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas adalah daam rangka mendukung terwujudnya wilayah Kecamatan Sehat,” jelas Julin.

Julin pun meminta para peserta Diklat untuk dapat belajar, memahami dan nantinya bisa diimplementasikan di masing-masing Puskesmas.

(YN)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.