Buka Workshop Siskeudes, Begini Penyampaian Wabup Deddy

Telusur.news, BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, membuka secara resmi kegiatan Workshop Siskeudes Online dan Siskeudeslink serta Pemantapan Keuangan Desa, di Hotel Arya Duta Manado. pada Senin, 04 Maret 2024.

“Desa telah diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta diberikan Dana Desa untuk pelaksanaan pembangunaan demi meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakatnya,” kata Wabup dalam penjelasannya.

Wabup juga berharap, agar Dana Desa digunakan sebenar-benarnya untuk membangun Desa secara efektif dan efisien, sebab jika pengelolaan tidak baik bukan mustahil Pemerintah Desa dapat berurusan dengan aparat penegak hukum.

“Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas serta diharapkan lebih mandiri dalam mengelola berbagai Sumber Daya Alam yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik Desa,” ujarnya.

Wabup juga meminta agar Pemerintah Desa untuk melek teknologi demi memperlancar penggunaan sistem yang semakin maju ini secara maksimal.

“Saya berharap melalui aplikasi Siskeudes, Pemerintah Desa mampu meningkatkan pengelolaan keuangan Desa yang taat asas, transparan, akuntabel, partisipatif yang dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran sehingga mempermudah Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun pusat untuk memperoleh informasi secara cepat,” harapnya.

Ucapan terimakasih juga Wabup sampaikan kepada BPKP perwakilan Sulawesi Utara yang telah mendampingi Pemda dalam melaksanakan tata kelola keuangan Daerah dan Asistensi penerapan Siskeudes pada Desa.

“Saya meminta agar seluruh peserta memanfaatkan kegiatan ini demi kemudahan perencanaan, pengelolaan serta pertanggungjawaban Dana Desa,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini digelar oleh Dinas PMD Kab. Bolsel untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah desa mengenai penggunaan aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) rilisan Kemendagri dan BPKP. Sebuah aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan keuangan Desa mulai dari proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan hingga pelaporan keuangan dan perpajakan.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Sekda M. Arvan Ohy, para narasumber, BPS, para Asisten Sekda dan pimpinan Perangkat Daerah serta para sangadi dan peserta.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.