Dinkes Periksa Kesehatan Calon Anggota Paskibraka Bolmong

Telusur.news, BOLMONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan pemeriksaan kesehatan fisik bagi calon peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bolmong, Kamis (7/3/2024) di Aula Hotel Atlantik Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang.

Pemeriksaan kesehatan oleh pihak Dinkes Bolmong ini, adalah bagian dari seleksi Anggota Paskibraka yang nantinya akan bertugas pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 mendatang. Selain administrasi, kesehatan fisik peserta menjadi faktor utama dalam penilaian.

Kepala Dinkes Bolmong, I Ketut Kolak, mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi calon Paskibraka, untuk memastikan agar para putra putri yang ikut seleksi tersebut dalam keadaan sehat fisik dan jasmaninya.

Ia menyebutkan, ada satu dokter dan dua tenaga perawat yang ditugaskan untuk memeriksa kesehatan calon Paskibraka. “Iya dilakukan pemeriksaan berupa pengukuran tinggi badan, berat badan dan kesehatan baik tekanan darah, saturasi, gula darah, kemudian tes buta warna,” tutur Kolak.

Tak hanya itu, menurut Kolak, calon anggota Paskibra juga dilakukan pemeriksaan fisik lainnya, diantaranya bentuk tulang belakang, bahu, bentuk lengan tangan, bentuk kaki (ekstremitas) dan bentuk jari kaki.

Selain itu , para peserta juga dilakukan tes wawancara oleh pihaknya, dengan sejumlah pertanyaan seperti keluhan saat ini, penyakit yang pernah di derita, apakah merokok, pemakai narkoba, minum alkohol, batuk lama, sakit kronis.

“Apakah mereka juga punya riwayat penyakit malaria, typus, DBD, kemudian riwayat pernah di rawat RS, dan dismenorea-nya,” ujar Kolak.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Bolmong, Yusuf Detu menjelaskan, pihaknya terus mensupport kegiatan daerah di bidang kesehatan. “Setiap kali ada program di tiap instasi yang berkaitan dengan kesehatan, kami pasti mensupport nya,” tutupnya.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.