Dukung Produktivitas Petani, Bupati Bolmut Temui Dirjen PSP Bahas Alsintan

Telusur.news, BOLMUT Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, Sirajudin Lasena, mengadakan audiensi dengan Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Ali Jamil, di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Pertemuan ini berfokus pada pentingnya penggunaan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk mendukung produktivitas dan efisiensi sektor pertanian di daerah, yang merupakan tulang punggung perekonomian setempat.

Dalam audiensi tersebut,  Sirajudin Lasena menyampaikan bahwa penggunaan Alsintan modern sangat krusial bagi petani dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi selama proses bercocok tanam.

“Dengan Alsintan, proses pengolahan lahan, penanaman, hingga panen dapat dilakukan lebih cepat dan efisien, sehingga mampu meningkatkan produktivitas pertanian kita,” jelas Sirajudin

Menanggapi hal ini, Dirjen PSP Ali Jamil menyampaikan bahwa pemerintah pusat saat ini memberikan berbagai kemudahan bagi para petani guna mendukung pengembangan sektor pertanian dan meningkatkan produktivitas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui skema Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yang diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) nomor 3 tahun 2023 tentang Pedoman Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian (Krutan).

“Skema kredit ini dirancang untuk mempermudah akses petani dan pelaku usaha pertanian terhadap alat dan mesin pertanian yang modern dan efisien. Dengan bunga rendah dan persyaratan yang lebih mudah dipenuhi, kami berharap para petani dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk meningkatkan produktivitas mereka.” Jelas Ali

Peraturan ini menjadi landasan penting dalam penyediaan fasilitas kredit yang diharapkan dapat mendorong kemajuan sektor pertanian di berbagai daerah. Kementerian Pertanian melalui Dirjen PSP berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong pertumbuhan sektor pertanian yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani dan pelaku usaha pertanian.

“Dengan adanya skema Kredit Usaha Alat Mesin Pertanian ini, akses terhadap teknologi pertanian yang lebih modern diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan sektor ini,” tambah Ali Jamil. “Kami optimis sektor pertanian di daerah akan tumbuh lebih pesat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.”tandasnya

Penulis : Zulkifly Thaib

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.