dprd bolmut

Wabup Deddy Paparkan Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Bolsel

Telusur.news, BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah se-Sulawesi Utara (Sulut) bersama Lintas Sektor Tahun 2024. di Hotel Luwansa Manado, Senin,(15/07/2024).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid juga mempresentasikan program Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bolsel melalui presentasi dengan tajuk BERKAH (Berantas Kemiskinan, tingkatkan kesejahteraan).

Dalam pemaparannya, Wabup Deddy menyampaikan ringkasan program, data-data, permasalahan, target dan kiat-kiat penanggulangan kemiskinan yang telah dilakukan oleh Pemkab Bolsel sepanjang tahun 2023 dan 2024.

Sementara, dalam hal penanggulangan kemiskinan kata Wabup, Pemkab Bolsel telah memberikan bantuan dan jaminan sosial kepada masyarakat miskin.

“Ada juga pemberian beasiswa dan perlengkapan sekolah bagi siswa kurang mampu, penyediaan fasilitas perumahan masyarakat miskin, pelatihan keterampilan dan fasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil, serta kemudahan penerbitan dokumen kependudukan sebagai legalitas sasaran program penanggulangan kemiskinan,” kata Wabup Deddy.

Lanjut kata Wabup, bahwa Pemkab Bolsel juga telah mengalokasikan anggaran penanggulangan kemiskinan melalui APBD dan APBDes.

Selain itu, ada juga penganggaran melalui Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang berasal dari Alokasi Insentif Fiskal Kinerja serta Program Daerah Penghapusan Kemiskinan melalui DAK tematik.

“Harapan kami ke depan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dapat memperkuat koordinasi TNP2K dan TKPKD, membuat regulasi tentang indikator dan kriteria yang membedakan kemiskinan reguler dan kemiskinan ekstrem serta perlu adanya verifikasi dan validasi data P3KE dengan mempertimbangkan data mandiri Daerah,” harapnya.

“Tak kala penting, perlu adanya dukungan anggaran pemerintah pusat dan provinsi terhadap program-program percepatan penurunan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem,” tambahnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, Wabup Deddy turut di dampingi oleh Kepala Bappelitbangda Rikson Paputungan dan jajarannya.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.