dprd bolmut

Pemkab Bolsel Raih Penghargaan UHC Awards 2024, ini Harapan Bupati Iskandar

Telusur.news, BOLSEL – Upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menjamin seluruh warga masyarakatnya tercakup dalam kepesertaan aktif Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS) mendapat apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah pusat.

Penghargaan yang ditorehkan ini sangat prestisius karena untuk meraihnya Daerah harus memiliki cakupan kepesertaan JKN minimal 95% dari total penduduknya.

Capaian prestasi ini diwujudkan dalam piagam dan tropi yang diterima langsung oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, pada acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Converage (UHC) kepada Pemerintah Daerah, yang digelar di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta, Kamis, (08/08/2024).

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa, UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, bermutu dan tanpa hambatan finansial yang di wujudkan dalam JKN-KIS. dimana, menurut data BPJS kesehatan pertanggal 01 Agustus 2024 jumlah pesertanya telah mencapai 98% dari total penduduk Indonesia.

“Capaian 98% tidak lepas dari peran, sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS kesehatan, Kementerian/lembaga dan seluruh Pemerintah Daerah,” kata pak Wapres.

Sementara itu, Bupati Iskandar mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah harus memastikan seluruh pemberi kerja mendaftarkan pekerja dan keluarganya sebagai peserta JKN-KIS termasuk pekerja informal.

Bupati mengakui bahwa masih banyak yang harus dievaluasi terkait permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS kesehatan yang macet. walaupun begitu, Bupati tetap bersyukur atas apa yang telah diraih oleh Pemkab Bolsel saat ini.

“Alhamdulilah UHC Award yang telah diraih adalah berkat hasil jerih payah dari seluruh jajaran Pemda dan dukungan masyarakat Bolsel serta seluruh stakeholder terkait,” ucapnya.

“Saya berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kita untuk menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan masyarakat Bolsel secara menyeluruh,” harapnya menambahkan

Diketahui, acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Prof. Dr. (HC.) KH. Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Direktur Utama BPJS Kesehatan beserta jajaran dan para Kepala Daerah se-Indonesia.

Sementara, Bupati Iskandar dalam kesempatan itu juga turut didampingi oleh Kadis Kesehatan Saipul Botutihe, direktur RSUD Bolsel Dr. Sadli Mokodongan dan Kacab BPJS Kesehatan Bolsel.

Advetorial

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.