dprd bolmut

KPU Kabupaten Bolsel Deklarasikan Kampanye Damai Untuk Pilkada 2024

Telusur.news, BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mendeklarasikan Kampanye Damai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Deklarasi ini digelar dihalaman Kantor KPU Bolsel, pada Senin, 23 September 2024. deklarasi ini juga menghadirkan pasangan calon Bupati/wakil Bupati Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid dan Arsalan Makalalag-Suhartina Badu. Ketua dan pengurus parpol pendukung, jajaran Bawaslu Bolsel, para simpatisan pendukung dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Bolsel Stanly E. Kakunsi, menyampaikan sala satu tahapan pada Pilkada 2024 ini, yang baru saja selesai yaitu penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ia menyebut, untuk DPT Bolsel suda ditetapkan lewat pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi.

“Tanggal 19 September 2024 kami telah menetapkan DPT di tingkat Kabupaten, dan tanggal 22 September rekapitulasi di tingkat Provinsi,” kata Eskol sapaan akrabnya.

Adapun Jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT untuk Pilkada 2024 kata Eskol, yaitu berjumlah 52.834 pemilih yang tersebar di 126 TPS yang ada di 7 kecamatan dan 81 Desa.

Selanjutnya, Eskol juga menyampaikan bahwa masa Kampanye akan di mulai pada 25 September sampai dengan 23 November 2024.

Sembari menghimbau kepada semua pihak yang akan menjalani masa kampanye nanti, agar selalu mengedepankan prinsip damai, tidak saling menjatuhkan dan tidak menebar fitnah.

“junjung tinggi sportivitas dan etika politik selama kampanye berlangsung, dan jangan ada intimidasi atau tindakan yang merusak suasana Demokrasi,” ujarnya.

Selain itu, Eskol juga mengajak kepada semua pihak terkait untuk merayakan pesta Demokrasi ini dengan penuh riang gembira dan menghargai perbedaan serta selalu menjaga ketertiban bersama.

“Kedua pasangan calon ini merupakan putra-putri terbaik Daerah. siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik untuk memimpin Bolsel selama lima tahun ke depan.

untuk itu, kami mengajak semua pihak untuk mematuhi aturan yang telah disepakati,” imbuhnya.

Eskol berharap, deklarasi kampanye damai ini menjadi awal dari proses demokrasi yang sehat. dimana, semua pihak dapat berkompetisi secara fair dan menjaga keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.

“Mari sama-sama kita wujudkan Pilkada yang damai dan bermartabat demi kemajuan Daerah kita tercinta. hindari penyebaran hoaks, politik uang, dan segala bentuk tindakan negatif lainnya,” tutupnya.

Diketahui, kegiatan Deklarasi ini diawali dengan pembacaan doa dan persembahan tarian mopotiro atau tarian selamat datang yang diperagakan oleh sanggar peredam.

yang dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Damai oleh KPU Bolsel Stanly E. Kakunsi dan diikuti kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. serta Penandatangan Deklarasi Pilkada Damai.

(S.S/Infotorial)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.