dprd bolmut

Sebanyak 20 Anggota DPRD Bolsel Terpilih Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Telusur.news, BOLSEL – Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) periode 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpah.

Acara pelantikan dilaksanakan di ruang sidang Paripurna DPRD Bolsel, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, pada Rabu (11/09/2024).

Acara diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ustaz Lisin Yunus, kemudian pembacaan SK Gubernur oleh Sekretaris Dewan La Ode Sahyuddin. setelah itu, pengambilan sumpah/janji yang dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu Jifly Z Adam SH, MH.

Pada moment ini, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, yang menegaskan kembali amanat Pasal 96, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. dimana, DPRD memiliki fungsi sebagai pembentuk Peraturan Daerah, penyusun anggaran dan fungsi pengawasan.

Kemudian, di pertegas juga kedudukan DPRD sebagai mitra Kepala Daerah dalam UU tersebut yaitu menjalin kemitraan yang bersifat checks and balances.

“Kolaborasi antara DPRD dan Kepala Daerah harus memberikan respon cepat dalam pemecahan masalah-masalah kerakyatan di tingkat lokal serta mendukung agenda prioritas nasional,” ujar Bupati menyampaikan sambutan Mendagri

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang dilantik hari ini. serta ucapan terimakasih juga Bupati sampaikan kepada pihak penyelenggara yaitu KPU, Bawaslu, DKPP, jajaran pemda, aparat keamanan, rekan media/pers dan seluruh masyarakat yang telah berkolaborasi menyukseskan pemilu.

“Atas nama pribadi, Pemerintah serta seluruh masyarakat dari Iligon sampai Molosipat mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya 20 orang Anggota DPRD Bolsel masa bakti 2024-2029,” ucapnya.

Penghargaan yang tinggi juga Bupati berikan kepada seluruh anggota DPRD periode sebelumnya atas dedikasi dan pengabdian mereka.

Terakhir, Bupati kembali menghimbau kepada semua yang hadir untuk sama-sama mensukseskan Pemilukada di Bolsel pada 27 november mendatang.

“Tidak lama lagi Pemilukada akan dilaksanakan, olehnya saya mengimbau mari kita semua bergandengan tangan membantu KPU, Bawaslu ,TNI/Polri untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut yang akan dilaksanakan tanggal 27 November nanti,” pungkasnya.

Diketahui, acara pelantikan ini turut di hadiri Bupati H. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, jajaran Forkopimda kabupaten, Danpos TNI-AL, Sekda M. Arvan Ohy, para Asisten Sekda, para pejabat tinggi pratama Pemda, para Camat, Sangadi, jajaran ASN dan para undangan lainnya.

Advetorial

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.