Bupati Bolmong Serahkan SK Kepada 89 Penjabat Sangadi

0

Telusur.news, Bolmong — Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, resmi menyerahkan surat keputusan (SK) kepada 89 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Bolmong yang ditunjuk menjadi penjabat sementara (pjs) kepala desa atau sangadi.

Digelar di halaman Kantor Bupati Bolmong di Lolak pada Jumat 28 Januari 2022, didampingi Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, Yasti menyerahkan dokumen yang berisi SK penujukkan pjs sangadi secara simbolis kepada beberapa PNS yang diwakilkan.

Nantinya, 89 PNS ini akan bertugas sebagai penjabat kepala desa hingga sangadi terpilih dari hasil pemilihan umum, dilantik dan menjadi definitif.

Yasti mengatakan, sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan di desa, penjabat sangadi merupakan pengambil keputusan, sekaligus penanggungjawab setiap keputusan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa.

“Dalam menjalankan kepemimpinan di desa, penjabat sangadi dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif serta dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam, serta sumber daya manusia di desa yang dipimpinnya,” tutur mantan anggota DPR RI dua periode itu.

Ia berpesan, agar para penjabat sangadi bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, serta selalu berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bangun kemitraan dengan BPD, perangkat desa serta seluruh komponen masyarakat yang ada, sehingga proses pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Terkait dengan proses pemilihan sangadi (pilsang) yang akan digelar bulan Februari mendatang, Yasti meminta agar penjabat sangadi bisa memfasilitasi, sehingga pelaksanaan pilsang dapat terlaksana dengan sukses.

“Saya minta penjabat sangadi untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pilsang nanti, khususnya memastikan netralitas perangkat desa, karena jika penjabat sangadi dan perangkat desa sudah tidak netral, maka dipastikan akan terjadi konflik yang sangat merugikan desa dan masyarakat itu sendiri. Biarkanlah masyarakat desa menentukan pilihannya masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolmong, Abdussalam Bonde dalam laporannya menyebutkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan menyebutkan dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala desa dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa, Bupati/Walikota menunjuk pjs kepala desa yang berasal dari PNS.

“Sehubungan dengan itu, pada tanggal 20 Januari 2022 terdapat 89 sangadi yang telah mengakhiri masa jabatan. Mereka merupakan hasil pemilihan sangadi pada tahun 2015 dan dilantik pada 20 Januari 2016, sehingga dinyatakan telah genap memegang jabatan selama enam tahun,” ujar Bonde.

Dikatakannya, para pjs sangadi ini akan melaksanakan tugas dan kewenangan sangadi sampai terpilih dan dilantiknya sangadi hasil pemilihan yang pemungutan suaranya akan digelar pada 3 Februari 2022 mendatang.

Dia juga melaporkan bahwa selain ke-89 desa yang menerima pengangkatan pjs sangadi, ada 7 desa yang sebelumnya telah ditunjuk pjs sangadi. Sehingga keseluruhan terdapat 96 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan sangadi serentak yang memiliki penjabat sangadi.(yyn)

Berikut daftar nama 89 penjabat sangadi:

https://drive.google.com/file/d/1tVLeisPfdRl9OWK8islXiRw9rbq9hSCQ/view

Leave A Reply

Your email address will not be published.