DP3A Boltim Maksimalkan Program Forum Anak Daerah

0

BOLTIM — Dalam rangka untuk menekan kasus kekerasa terhadap perempuan dan anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus memaksimalkan peran masyarakat yang tergabung dalam forum anak daerah.

Kepala DP3A Boltim, Muhammad Iksan Pangalima, melalui Kabid Pencegahan Kekerasan dan Sosialisasi, Rahmi Olii mengatakan, pihaknya akan segera membentuk forum anak daerah di tingkat kecamatan.“Forum anak ini sejak tahun 2021 hingga 2022 sudah ada, namun kami belum memiliki forum anak kecamatan, kami akan mengupayakan di tingkat kecamatan. Tapi di Desa sudah ada Forum Anak Desa,” ujar Rahmi, Jumat (10/03/2022).

Lanjut Rahmi mengatakan,forum anak di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, akan menjadi pelopor dan pelapor atas tindak kekerasan terhadap perempuan maupun kepada anak.

“Mereka jadi Pelopor dalam hal positif untuk anak-anak dan menjadi Pelapor sebagai pemenuhan aspirasi anak, mereka yang akan menyuarakan itu yang diteruskan ke Sangadi,” terangnya.

Rahmi menambahkan, selain forum anak, pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak juga turut dilakukan kelompok kecil seperti Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

“PATBM semacam kelompok kecil di desa. Tugas mereka mencari tahu, menerima aduan dari masyarakat terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak. Jadi kalau ada kekerasan di sekitar lingkungan, masyarakat bisa melaporkan ke petugas PATBM, lalu petugas laporkan ke Dinas,” tutupnya. (REN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.