Bupati Bolaang Mongondow Terima Gelar ‘Bogani Ki Yasti’ dari Lembaga Adat Bolmong

0

TELUSUR.NEWS – Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, terima gelar adat ‘Bogani Ki Yasti’ dari seluruh lembaga adat Kabupaten Bolaang Mongondow.

Gelar tersebut disematkan kepada Yasti Soepredjo Mokoagow oleh seluruh pemangku adat di Bolaang Mongondow yang berasal dari 15 kecamatan, 200 Desa dan 2 Kelurahan pada Senin, 21 Maret 2022.

Penyematan gelar tentunya merupakan hasil atas musyawarah adat dari seluruh pemangku adat yang ada di Bolaang Mongondow.

Ketua Dewan Adat, Chairun Mokoginta memimpin langsung upacara penyematan gelar adat tersebut kepada orang nomor satu di Bolaang mongondow ini.

 

 

Chairun Mokoginta sendiri merupakan Ketua Lembaga Warisan Budaya Bolaang Mongondow Raya (LWB-BMR).

Kepada awak media Chairun Mokoginta menyampaikan bahwa Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow, sangat pantas menerima gelar ‘Bogani’.

Usai menerima gelar ‘Bogani’ yang disematkan lewat upacara adat, Yasti Soepredjo Mokoagow menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Bolaang Mongondow.

 

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan juga Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Bolmong, teristimewa kepada seluruh Tokoh-Tokoh Adat, Sangadi, Lurah, BPD dan seluruh masyarakat yang telah mempercayakan kepada saya memberikan gelar adat ‘Bogani Ki Yasti,” katanya.

Kepemimpinan Yasti yang sukses serta capaian-capaian prestasinya dan juga kontribusi besarnya dalam membangun daerah, menjadi alasan para pemangku adat di Bolmong untuk memberikan gelar ‘Bogani” kepadanya.
Yasti Soepredjo Mokoagow diyakini dan dipercayai telah memenuhi 4 syarat untuk mendapat gelar ‘Bogani’ ini.

Adapun 4 syarat tersebut yakni Mokodotol, Mokorakup, Mokodia dan Mokoanga’.

“Tentu ini merupakan suatu penghormatan dari masyarakat kepada saya. Amanah dari masyarakat alhamdulillah saya terima dengan baik dengan senang hati,” ujar Yasti.

Dengan terpenuhinya 4 kriteria diatas, Yasti Soepredjo Mokoagow mewajibkan dirinya untuk tetap menghormati dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya adat bolaang mongondow.

Tak hanya memajukan daerah Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow juga mengharuskan dirinya untuk membantu setiap anak-anak Bolmong sesuai dengan kapasitas yang ia miliki.

“Tentu saya wajib juga untuk memajukan bolmong istimewanya setiap anak Bharus kita bantu sesuai dengan kapasitas kita, kemampuan kita, agar supaya anak-anak kita orang Mongondow juga maju,” ucap yasti menambahkan.

Yasti kemudian menjelaskan yang dimaksud dengan orang Mongondow ini adalah seluruh rakyat yang ada di Bolmong dengan berbagai macam suku ras agama.

Kepada awak media Yasti menegaskan kembali bahwa, orang mongondow adalah mereka yang lahir, besar, kawin dengan orang Mongondow tanpa memandang agama, suku dan ras.

“Tentu menjadi kewajiban bagi saya sesuai dengan kemampuan saya untuk kita sama-sama saling memajukan. Insyaallah amanah ini saya akan jaga dengan sebaik-baiknya,” tutur Yasti.

Advetorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.