Limi Mokodompit Buka Kegiatan Rembuk Stunting Yang Dilaksanakan Dinkes Bolmong

Telusur.news, Bolmong – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Kesehatan, melaksanakan Rembuk Stunting tingkat Kabupaten, Selasa (12/7/2022) bertempat di Ruangan Paloko, Sutan Raja Hotel, Kotamobagu.

Turut hadir Pj Bupati Ir Limi Mokodompit MM, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, Ketua TP PKK Ny Iriyanti Suleha Uswanas S.Sos, Asisten III Drs Ashari Sugeha, pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa yang terlibat dengan stunting di desa.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Juling Papuling SKM dalam sambutan mengatakan, rembuk stunting adalah aksi ketiga rangkaian konvergensi yang harus dilakukan pemerintah untuk memastikan penurunan stunting.

“Rembuk stunting merupakan langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat,” kata Julin Papuling.

Sementara itu, Pj Bupati Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, pemerintah daerah bertanggungjawab dalam menangani stunting.

“Saya harus garis bawahi, beberapa bulan lalu saat pertemuan dengan pak Presiden, kepada OPD yang terundang, camat dan sangadi, stunting adalah fokus pemerintah dan kita semua tidak boleh abai,” kata Bupati.

“Kenapa ini menjadi penting karena masa depan generasi hanya bisa kita bisa wujudkan bila anak-anak kita persiapkan sejak dini, sejak bayi. Aktifkan kegiatan di bidang stunting,” jelasnya.

Bupati melanjutkan, stunting merupakan masalah Nasional. Berdasarkan riset, masalah gizi adalah masalah bersama yang harus ditangani, baik pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam memutus mata rantai siklus kekurangan gizi.

 

“Saya minta kepada seluruh tenaga medis, kesehatan dan posyandu, harus benar benar berperan dalam pelayanan pada masyarakat,” tegas Bupati.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.