Wakili Bupati Limi Mokodompit, Asisten III Pimpin Apel KORPRI

BOLMONG Wakili Bupati Limi Mokodompit, Asisten III Bolmong Ashari Sugeha, memimpin apel koprs pegawai republik indonesia (Korpri) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat 17 Februari 2023.

Ashari Sugeha membacakan sambutan Bupati Limi menyampaikan, apel korpri hari ini, merupakan momentum bagi seluruh anggota korpri di lingkungan pemerintah kabupaten bolaang mongondow.

Dimana untuk melakukan serangkaian evaluasi dan introspeksi, dalam rangka penguatan kualitas maupun kuantitas kinerja dan pengabdian, serta dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas.

Dimana sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah, yang mengabdi pada rakyat, bangsa dan negara republik indonesia, lebih khusus pengabdian pada Pemkab Bolmong.

Maka dari itu, Bupati Limi menyampaikan beberapa pesan dan harapan sekaligus ajakan yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua selaku anggota korpri di lingkungan Pemkab Bolmong, yaitu :

Pertama, saat ini tim dari bpk perwakilan provinsi sulawesi utara, sedang melaksanakan audit atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2022 lalu.

oleh karenanya, saya minta kepada seluruh kepala perangkat daerah dan jajarannya, agar selalu pro‑aktif dan kooperatif dalam memenuhi dan memberikan dokumen yang diminta oleh tim audit bpk, serta selalu siap mendampingi tim bpk apabila diminta dalam peninjauan lapangan.

saya juga minta kepada seluruh perangkat daerah, untuk segera menindaklanjuti saran dan masukan yang disampaikan oleh tim audit BPK, guna memperbaiki adanya kekeliruan administrasi pengelolaan keuangan.

Kedua, kepada kepala perangkat daerah saya minta untuk segera penuhi permintaan data, terkait penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah atau lkpd, laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah atau lppd, dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah atau lakip, sehingga berbagai laporan tersebut dapat selesai tepat waktu dan dapat segera disampaikan secara berjenjang, baik ke pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Ketiga, saya minta tim pengendalian inflasi daerah atau tpid kabupaten bolaang mongondow bersama instansi teknis lainnya, untuk melakukan sidak maupun operasi pasar dan melaporkan perkembangannya melalui aplikasi yang ada, dengan melakukan pemantauan harga bahan pokok sehingga tidak terjadi kenaikan inflasi.

selain itu, saya juga minta agar asn yang ada untuk mengedukasi masyarakat, agar memanfaatkan lahan yang ada menjadi lahan produktif,

sehingga mampu menekan laju inflasi secara nasional sebagaimana arahan presiden republik indonesia, serta arahan gubernur dan wakil gubernur sulawesi utara dengan program “mari jo bakobong”.

Keeempat, berdasarkan keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik indonesia nomor 108 tahun 2023, tentang hasil pemantauan dan evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik atau spbe pada instansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2022, pemerintah kabupaten bolaang mongondow memperoleh nilai indeks spbe mencapai angka 2,74 dengan predikat baik, dimana tahun 2020 dan tahun 2021 lalu hanya memperoleh predikat cukup, dengan indeks hanya berada di angka 1,8 dan angka 2,1.

untuk itu saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran dinas komunikasi dan informatika selaku leading sector bersama tim evaluator internal pemerintah kabupaten bolaang mongondow selaku supervisor spbe, atas keberhasilan ini,

karena nilai yang kita raih kali ini, merupakan nilai tertinggi se‑provinsi sulawesi utara, bahkan melebihi nilai dari beberapa kementerian dan lembaga negara yang ada.

saya juga memberikan apresiasi kepada tim bappeda kabupaten bolaang mongondow, atas raihan kategori kabupaten inovatif tahun 2022, dengan skor berada pada angka 44,57 dimana tahun-tahun sebelumnya hanya mendapat predikat kurang inovatif.

selain itu, apresiasi juga saya sampaikan kepada jajaran dinas kependudukan dan pencatatan sipil, serta dinas penanaman modal dan ptsp, atas pencapaian hasil pemantauan dan evaluasi kebijakan penyelenggaraan publik tahun 2022, dari kementerian aparatur negara dan reformasi birokrasi, dengan nilai capaian indeks masing‑masing berada pada angka 3,77 atau nilai b, dan angka 3,82 dengan nilai b.

selain itu, apresiasi yang tinggi juga kepada jajaran badan keuangan daerah, serta kepada organisasi perangkat daerah pengelola dana alokasi khusus atau dak fisik tahun anggaran 2022,

dimana hari kamis kemarin, kantor wilayah direktorat jenderal perbendaharaan provinsi sulawesi utara, memberikan penghargaan kepada kabupaten bolaang mongondow, sebagai pengelola dak fisik terbaik se‑provinsi sulawesi utara tahun anggaran 2022.

Beberapa penghargaan yang telah disebutkan tadi, merupakan hasil kerja keras kita semua, dan tentunya kita semua patut berbangga dan bersyukur, atas apa yang telah kita raih saat ini.

(*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.