Peringati HPS, Dinkes Bolmong Gelar Senam dan Screening Hipertensi

BOLMONGDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memperingati Hari Hpertensi Sedunia (HPS). Kegiatan ini dilaksanakan Dinkes beserta jajarannya sekaligus melakukan senam dan screening hipertensi.

Tak hanya itu, ada sebanyak 18 Puskesmas dan Posbindu yang tersebar di Kabupaten Bolmong melaksanakan senam dan screening hipertensi dan melibatkan masyarakat di lingkungan masing-masing Puskesmas.

Sebagaimana yang dijelaskan Kepala Dinkes Julin Papuling, adanya peringatan HPS ini maka pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan terapi hipertensi yakni senam yang sehat.

 

“Pendekatan terapi hipertensi, selain farmakologi juga non Farmakologi yang salah satunya adalah latihan fisik secara teratur dan terukur dapat membantu membentuk kesehatan dan mencegah penyakit hipertensi ini,” jelas Julin, Jumat 12 Mey 2023.

Menurut Julin, hal ini penting dilakukan sebab mengingat angka kesakitan hipertensi dinilai tinggi.

“Akhir-akhir ini angka kesakitan yang tertinggi adalah penyakit tidak menular yang salah satunya adalah penyakit hipertensi. Sehingga sangat penting kita untuk melakukan pencegahan,” ungkapnya.

Selain itu, angka kematian yang tertinggi disebabkan oleh penyakit tidak menular hipertensi itu diakibatkan pola hidup yang dinilai tidak sehat.

Sehingga itu, kesadaran untuk melakukan kontrol kesehatan baik di Puskesmas dan rumah sakit yang masih minim.

“Semua ini karena pola hidup manusia yang tidak sehat. Jarang memeriksa kesehatan di fasilitas kesehatan, pola makan, kurang beraktivitas dan istirahat yangtidak teratur,” tuturnya.

Advetorial

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.