Dinas PUPR Kotamobagu Mulai Bersihkan Kantor Eks Bupati Bolmong di Ilongkow

Telusur.news, KOTAMOBAGU Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan pembersihan di kompleks bekas rumah dinas (rudis) Bupati Bolmong yang ada di Bukit Ilongkow, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Pembersihan areal eks rudis Bupati Bolmong oleh Dinas PUPR itu, dilakukan sesaat setelah Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu Dr Drs Asripan Nani MSi melakukan peninjauan ke kompleks tersebut.

“Sesuai arahan Pak Wali untuk bisa membersihkan tempat ini,  kami (Dinas PUPR) mulai melakukan pembersihan di lokasi dimulai dari jalan akses masuk yang sudah dipenuhi rumput dan material,” kata Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kotamobagu, Claudy Nusi Mokodongan ST yang turut mendampingi Pj Wali Kota dalam peninjauan ke eks rudis bupati tersebut.

Menurut Emba –sapaan akrab Claudy Mokodongan, pihaknya juga mulai melakukan kajian teknis untuk melihat kondisi bangunan, sekaligus melihat bagian-bagian mana yang perlu dilakukan rehab. Kalau melihat kondisi bangunannya, ini masuk rehab berat.

“Untuk pemanfaatannya masih menunggu petunjuk selanjutnya dari Pak Wali. Saat ini kami (Dinas PUPR) baru melakukan tahap pembersihan dan kajian teknis kondisi bangunan. Intinya Pak Wali meminta agar tempat ini bisa dimanfaatkan kembali oleh Pemkot Kotamobagu,” tandas Emba.

Diketahui, peninjauan ini terkait rencana pemulihan bangunan yang telah terbengkalai tersebut, dengan maksud untuk mengubahnya menjadi Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) yang akan melayani masyarakat Kotamobagu.

“Bangunan ini merupakan aset Pemkot Kotamobagu. Sayang apabila dibiarkan dalam kondisi terbengkalai. Oleh karena itu, saya mengusulkan kepada Sekda, para asisten, dan pimpinan OPD untuk membersihkan dan memperbaiki bangunan ini, sehingga bisa digunakan sebagai Kantor Satpol-PP. Alhamdulillah, usulan saya telah mendapat respon positif,” ujar Pj Wali Kota Asripan Nani.

Ia juga menjelaskan bahwa proses pemulihan bangunan eks Rudis Bupati Bolmong dilakukan secara bertahap sesuai dengan anggaran yang tersedia. Namun, setelah bangunan dan ruangan telah dibersihkan dan lampu penerangan telah terpasang, bangunan tersebut akan segera dihuni sambil terus diperbaiki.

“Kondisi bangunan ini terlihat cukup parah karena sudah lama tidak mendapatkan perawatan dan penghunian. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh pimpinan OPD, ASN, camat, sangadi dan lurah, serta masyarakat untuk bersama-sama melakukan kerja bakti di lokasi ini pada hari Jumat mendatang,” tambah Asripan.

Kunjungan turut didampingi Asisten Sekda Urusan Pemerintahan dan Kesra (Ass I) Nasli Paputungan SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ass II) Adnan Massinae SSos MSi, Kepala Dinas PUPR Claudy N Mokodongan, Kepala DLH Irawan Ginoga SE, Camat Kotamobagu Timur, Lurah Kotobangon dan beberapa pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu.

(*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.