Bupati Bolsel Jadi Narsum Dialog Budaya Musyawarah Masyarakat Bolaang Uki

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, tampil sebagai narasumber dalam acara Dialog Budaya Musyawarah Masyarakat Bolaang Uki. pada Kamis malam, 21 Maret 2024.

Kegiatan tersebut di gelar di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, dan bertajuk, Kapan HUT Bolaang Uki?

Pada dialog tersebut, Bupati Iskandar mengatakan bahwa, untuk menetapkan kapan tepatnya HUT Bolaang Uki akan dibentuk sebuah tim yang beranggotakan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Tentu sebaiknya penetapan kapan tepatnya HUT tersebut harus diambil berdasarkan dari peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang punya nilai kuat dalam masyarakat,” kata Bupati

Bupati juga mengusulkan agar dibuat acara seminar khusus saat HUT Bolsel nanti untuk membahas sejarah Suku Bolango berdasarkan buku yang telah disusun oleh Alm. Deddy Van Gobel.

Selain itu, Bupati juga menyarankan agar dibuat sebuah Kamus Bahasa Bolango yang akan digunakan dalam pelajaran mulok di Sekolah.

“Pemerintah Daerah juga berencana untuk membangun replika mahligai kerajaan agar semua Masyarakat Bolaang Mongondow Selatan dapat mengetahui tentang lahirnya wilayah eks Swapraja Bolaang Uki,” ujarnya.

Diketahui, bahwa acara dialog tersebut berlangsung hangat dan terbuka, dan turut di hadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, jajaran pimpinan Perangkat Daerah dan ASN lingkup Pemkab Bolsel serta warga masyarakat pengunjung Molibagu Ramadhan Fest.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.