Bupati Iskandar Sampaikan LKPJ Pemda Bolsel T.A 2023 Pada Rapat Paripurna Tahap I

Telusur.news, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2023, pada Rapat Paripurna Tahap I penyampaian LKPJ Pemkab Bolsel tahun 2023, yang dilaksanakan di Gedung DPRD Bolsel, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Sabtu (30/03/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Iskandar menyampaikan beberapa capaian Pemda Bolsel di Tahun 2023. menurutnya, secara umum dapat di simpulkan bahwa Pemda Masi sangat bergantung pada Pemerintah pusat.

“Maka dari itu, diperlukan komitmen serta kerjasama dari semua pihak agar dapat meningkatkan sumber PAD yang terdiri atas pendapatan pajak Daerah, hasil retribusi Daerah, hasil pengelolaan kekayaan Daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli Daerah yang sah,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengajak kepada semua pihak agar dapat mengoptimalkan sumber PAD yang sudah ada.

“Mari kita bersama-sama terus mengoptimalkan pemanfaatan sumber PAD yang sudah ada. serta menggali potensi dari sumber lainnya dan memotivasi masyarakat agar dapat mengelola sumber daya yang dimiliki dalam bentuk bumdes yang dipelopori oleh masyarakat Desa,” ajaknya.

Bupati juga tak lupa menyampaikan beberapa kemajuan signifikan yang ada di Bolsel, di antaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, penurunan angka pengangguran di tahun 2023, pertumbuhan Ekonomi Bolsel secara positif di tahun 2023, PDRB Bolsel tahun 2023 menunjukkan laju pertumbuhan yang cukup tinggi, dan Ketimpangan pendapatan (ratio gini) Indeks gini Kabupaten Bolsel tahun 2023 yang berada pada angka 0,31 persen.

Bupati juga menyadari bahwa, deskripsi keberhasilan yang telah dicapai ini belum dapat mewujudkan berbagai harapan dan keinginan dari rakyat Bolaang Mongondow Selatan.

“Untuk itu, ini menjadi tangggung jawab kita bersama, dan senantiasa menjaga kemitraan yang harmonis melalui kolaborasi dan kontribusi sebagai wujud tanggung jawab mengemban amanah masyarakat demi kepentingan Daerah yang sama-sama kita cintai,” ucapnya.

Diketahui, sidang paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Ir. Arifin Olii, dan seluruh fraksi DPRD Bolsel menyetujui LKPJ Pemda Bolsel TA 2023 untuk di bahas ke tahap selanjutnya.

(S.S)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.