Tahun Ini Pemkab Boltim Bakal Salurkan 1.200 Ton Pupuk Subsidi

0

Telusur.news, Boltim — Kabar gembira bagi kelompok tani di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pasalnya tahun ini pemerintah daerah lewat Dinas Pertanian menerima alokasi sebanyak 1.200 ton pupuk subsidi dari pemerintah pusat.

“Untuk Boltim sendiri, tahun ini kita menerima kurang lebih 1.200 ton pupuk bersubsidi,” papar Kepala Kepala Dinas Pertanian Boltim Mat Sunardi dihadapan Bupati Sam Sachrul Mamonto, disela-sela kegiatan pencanangan Kampung Reforma Agraria, Rabu 12 Januari 2022 kemarin.

Dikatakan, untuk program ini sendiri sedikit terbatas. Dimana, pada tahun tahun lalu Menteri Pertanian mengusulkan anggaran 60 triliun, namun yang terealisasi hanya 32 triliun untuk anggaran subsidi pupuk se indonesia.

Adapun alokasi pupuk bersubsidi ini lanjutnya, nantinya akan disalurkan di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Boltim. Untuk kuota pembagiannya sendiri disesuaikan dengan luas lahan pertanian.

“Kita akan salurkan di seluruh kecamatan, tapi dengan catatan untuk daerah non pangan itu maksimal 10 persen. Ketika tidak terserap maka akan kita re-alokasikan ke kecamatan lain, karena ketika tidak terserap maka konsekuensinya pengurangan kuota,” ujarnya.

Ditambahkannya, tujuan pupuk subisidi ini sendiri untuk menunjang sektor produksi tanaman padi, jagung dan kedelai atau disingkat Pajale. “Terkait hal ini, secepatnya kita tindaklanjuti dengan mengumpulkan distributor dan pengecernya,” pungkasnya.(*/yyn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.