Pemkab Boltim Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah

0

BOLTIM — Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berlangsung khidmat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, Rabu 2 Maret 2022.

Sebelum memasuki lokasi pelaksanaan kegiatan, seluruh tamu undangan harus melalui pemeriksaan suhu badan, memakai masker dan mencuci tangan menggunakan Hand Sanitizer.

Adapun peringatan Isra Miraj tahun ini mengangkat tema “Jadikan Peringatan Isra Miraj sebagai Momentum Meningkatkan Keimanan  dan Ketaqwaan Untuk Bangkit dari Pandemi Covid-19”

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sam Sachrul Mamonto lewat sambutannya menyampaikan, peringatan hari besar keagamaan seperti hari ini hendaknya bukan hanya bersifat seremoni semata.

“Namun lebih diharapkan sebagai bentuk instropeksi diri dan bahan renungan untuk mencintai dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan kita dalam bersikap dan bertingkah laku,” ujar Sachrul.

Dikatakannya, peringatan Isra Miraj pada tanggal 27 Rajab tahun 621 Masehi, merupakan peristiwa yang luar biasa.

“Dimana, Isra Miraj merupakan perjalanan di malam hari yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidi Aqsa ke langit Sidratul Muntaha hingga Arsy, sebagai salah satu wahana untuk menunjukan sebagian tanda-tanda kebesaran Allah SWT,” ujarnya.

Lanjut Sachrul, peringatan Isra Miraj mengandung sejumlah hikmah, diantaranya, Isar Miraj merupakan bukti kebesaran Allah SWT yang melebihi dari segala kekuasaan dan kebesaran yang dimiliki mahluknya.

Sementara hikmah kedua, bahwa Isra Miraj merupakan bentuk ujian keimanan dan ketaqwaan yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia.

“Dan yang ke tiga, dari peristiwa Isra Miraj turunlah perintah kewajiban menjalankan Sholat 5 waktu, sebagai identitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta wujud pengabdian mahluk kepada sang Khaliq Allah SWT,” urainya.

Masih kata Sachrul, dalam Al quran ditegaskan bahwa Sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

“Diantara pesan moral yang terkandung dalam pelaksanaan sholat adalah terciptanya secara nyata sebuah tatanan masyarakat yang adil, jujur, santun, damai dengan penuh kasih sayang dan persaudaraan,” terangnya.

Dia pun berharap, momentum peringatan Isra Miraj pada tahun ini mampu menjadi sebuah wadah untuk penguatan keimanan masyarakt dan pemerintah Boltim.

“Semoga peringatan Isra Miraj tahun ini dapat menghimpun dan menyatukan kita untuk bersatu padu membangun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,”

“Penting juga saya saampaikan agar kita tetap menjaga kerukunan antar sesama, menjaga keamanan dan stabilitas dalam bermasyarakat untuk tidak mudah terprovokasi, agar natinya apa yang dicita-citakan setahun pemerintahan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dibawah naungan Allah SWT,” sambungnya lagi.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati Boltim ini, turut dihadiri sejumlah anggota DPRD Boltim, unsur Forkopimda, Sekda Boltim, para Asisten, pimpinan OPD serta para Camat se Kabupaten Boltim. (REN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.