Wakili Bupati, Sekda Bolmong Resmi Buka Kegiatan Rapat GEMAPATAS dan PTSL Tahun 2023

BOLMONG – Wakili Bupati LimiMokodompit, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow(Bolmong) Tahlis Gallang menghadiri sekaligus secara resmi membuka rapatpersiapan kegiatan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (GEMAPATAS) dan kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh kantor pertanahan kabupaten Bolaang Mongondow.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman depan kantor BupatiBolmong dan hidiri Camat dan seluruh Kepala Desa beserta aparat.Sekda Bolmong Tahlis Gallang dalam membacakan sambutan bupatimengatakan, tanah memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

Maka pengelolaannya harus dilaksanakan secarakomprehensif dan terintegrasi melalui kebijakan pertanahan.

Sehingga itu kata tahlis, adanya gerakan masyarakatpemasangan tanda batas merupakan tugas penting bagi kita semua.“Sesungguhnya dibalik itu yang ingin kita capai adalah semakinjelasnya batas kepemilikan antar masyarakat,”ucap Tahlis, Jumat 27 Januari2023.

Dimana masing-masing kita sudah memiliki sertifikat, akantetapi penafsiran masyarakat ketika membaca, menelaah sertifikat yang dimilikinyaitu menyebabkan masih banyaknya persoalan tapal batas.Maka dengan adanya Gerakan pemasangan tanda batas inisekaligus dengan PTSL merupakan solusi dalam hal pemasangan tanda batas.“Ketika PTSL turun mengukur di lapangan bersama petugasdari BPN, pemerintah desa, masyarakat disitu ada, yang berdekatan danberdampingan ada maka tuntas masalahnya,”

Hal tersebut kata Tahlis, merupakan hikmah dan makna yangkita capai. “Selain memecahkan rekor muri, manfaatnya kepadamasyarakat adalah semakin meminimalisir potensi masalah yang akan munculdi kemudian hari,”jelasnya.

Sehingga itu Tahlis mengajak, mari sama-sama kitamanfaatkan PTSL ini dan desa harus berlomba-lomba untuk melaksanakan programini, karena ini merupakan cita-cita Presiden Republik Indonesia.“Beliau menargetkan di periode kedua ini seluruh tanah diIndonesia itu sudah bersertifikat.

Bagaimana target ini bisa tercapai, itutergantung kepada kita semua. Namun dengan kehadiran bapak ibu sangadi inimenunjukkan motivasi yang tinggi,”terangnya.

Selain itu Tahlis juga menyampaikan pesan bupati agar setiaptahun tergetnya dinaikan.“Pak bupati meminta kalau bisa targetnya itu ditambahsetiap tahunKalau bisa tidak usa dibatasi,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Eni Sulastri Darmayanti meminta agar Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow untuk turutserta mensukseskan kegiatan pemasangan tanda batas dan PTSL ini.“Kami juga mohon dukungan dari Pemerintah KabupatenBolaang Mongondow, bapak ibu camat, dan kepala desa dan aparat, suapay di 2023 initarget kita di bulan September selesai,”tuturnya.

(Advetorial)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.